Buaya 3 Meter Ditemukan Warga Kolut di Dipekarangan Rumah Foto: Israil Yanas

Lasusua, KoranSultra.Com – Warga Kabupaten Kolaka Utara dihebohkan adanya penemuan seekor buaya berukuran 3 meter. Buaya yang cukup besar itu ditemukan di dipekarangan rumah warga di Desa Wawo, Kecamatan Wawo pada, Sabtu (23/6) pagi.

Diduga, kemunculan binatang reptil dipekarangan warga itu akibat kelaparan. Menurut Andi Munahira Arkam (49) dia melihat kemunculan seekor buaya di pekarangan rumahnya sekitar pukul 05.00 WITa saat hendak berwuduh guna shalat subu.

Kapolsek Rante Angin Iptu Jamil menuturkan, Buaya itu pertama ditemukan warga saat hendak keluar rumah. Saat berjalan dipekarangan samping rumahnya, tiba-tiba ia kekejutkan dengan seekor buaya seraya menghadang jalanannya. “Dia berteriak ketakutan saat melihat buaya dengan ukuran besar itu, ada dihadapannya,” ujar Jamil.

IKLAN KPU

Mendengar teriakan Munahira, wargapun mendatangi kediaman tersebut. Wargapun melaporkan kejadian tersebut lke Polsek Ranteangin. ”Penangkapan berlangsung mencekam karena Buaya ini cukup besar. Ia bahkan sempat mengamuk saat ditangkap warga.

Dua jam lamanya, Buaya tersebut akhirnya dapat dievakuasi. ”Saat ini kami masih melakukan komunikasi ke Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Kabupaten Kolaka untuk tindakan selanjuntnya,” terangnya.

Buaya tersebut seringkali dilihat warga di Bendungan diwilayah tersebut. ”Buaya itu sering muncul di bendungan dan sungai Ulu Kalo Wawo,” terang Nadatul Ulama pada Koran Sultra. Bahkan kata ASN di Dinkes tersebut, sering masuk tambak ikan warga yang jaraknya sekitar 5 meter dari sungai.

“Buaya ini terjebak dipematang sawah untuk kembali ke Sungai, sementara jarak sawan dan sungai sekitar 150 meter, kemungkinan Buayanya kelaparan” ungkapnya

Buaya tidak bisa sampai kesungai karena jalan tersebut tidak biasa dia lalui sehingga mendekati rumah warga dan saat itu disamping rumah Munahira yang tinggal dipinggir sungai Ulu Kalo. jejak kaki buayanya terlihat dari dipematang sawah. jelasnya

Akhir Tahun 2016 lalu empang ikan emas saya yang berjarak 50 meter dari sungai dibantai buaya ini, karena ikan emas saya pelihara 11 ribu ekor dengan waktu pemeliharaan 6 bulan lamanya tidak ada yang besar. setelah saya keliling empang ternyata jejak kaki buaya disalah satu pematang empang terlihat jelas. kesalnya
Kami warga wawo sangat bersyukur dan berterimah kasih kepada warga dan aparat kepolisian Polsek Ranteangin yang berhasil menangkap Buaya yang sangat meresahkan warga ini. terangnya

Kontributor : Israil Yanas

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here