Laworo, Koran Sultra – Aktifitas masyarakat di Desa Guali, Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara lumpuh total, begitupula dengan arus lalulintas dijalur ring road yang terpaksa lumpuh banjir setelah hujan sejak malam tanggal (2/7) hinga kini, Selasa (3/7/2018).

Sedikitnya 20 rumah warga setempat terendam banjir dan jalan lingkar (ring road) yang menghubungkan Desa Guali dan Maperaha lumpuh total.

Bamin Unit Intel Kodim 1416/Muna Serda Hajar saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut, mengatakan, akibt hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak pukul 05.00 Wita ini mengakibatkan jalan ring road sekitar 500 meter lumpuh total dan 20 rumah terendam air. Warga sekitar tidak dapat beraktivitas akibat banjir tersebut.

“Curah hujan semakin tinggi sehingga dapat menambah ketinggian air. Sekarang saja airnya sudah mencapai pinggang orang dewasa,” kata Serda Hajar.

“Tidak ada pembuangan air yang dekat dari desa ini, sehingga semakin tinggi curah hujannya debet air semakin tinggi pula. Akibat banjir hewan ternak warga setempat seperti ayam banyak yang mati,” sambungnya.

Pemerintah daerah setempat telah menurunkan satu unit eskavator untuk membuat saluran air di sekitar ring road guna mencegah debit air semakin meninggi.

KONTRIBUTOR : BENSAR

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY