Kolaka,koransultra.com – Sebanyak 290 orang dari 295 CJH asal Kolaka ini terbang dari Kolaka menuju Embarkasi Makassar yang terbagi dalam dua kloter yakni, pada Kamis – Jumat yang lalu melalui bandara Sangia Nibandera, kecamatan Tanggetada, Kolaka. Pada hari pertama pemberangkatan pada Kamis 02 Agustus 2018 lalu, CJH Kolaka berjumlah 133 orang, yang diterbangkan ke Embarkasi Makassar dengan 2 flight.

Selanjutnya di hari yang kedua pemberangkatan, CJH Kolaka berjumlah 157 orang diberangkatkan ke Makassar dengan 3 flight. Dan perlu diketahui juga Kemenag Kolaka telah mengumpulkan koper dan barang tentengan milik CJH asal Kolaka untuk dikirim ke Embarkasi Makassar dengan menggunakan mobil ekspedisi yang sudah disiapkan melalui jalur laut dari pelabuhan Kolaka menuju pelabuhan Bajoe, Sulawesi Selatan.

CJH asal Kolaka juga memberikan tanda-tanda tertentu bagi koper koper mereka, agar lebih dapat muda untuk mengenali barang barang bawaan bagi CJH, dan meski juga telah disatukan dengan koper CJH lainnya saat pemberangkatan nantinya.

Dan tanda-tanda di koper koper masing masing para CJH bermacam macam,ada yang terbuat dari gulungan tali, boneka, bahkan ada CJH yang memberi tanda menggunakan ikat rambut hingga aksesoris gorden dan ada juga pelampung alat pancing.

Widowati salah seorang CJH asal kolaka mengatakan, tanda tersebut sengaja kami berikan agar dapat dengan mudah kami mengenali koper koper kami serta bagi CJH yang lainnya.

“Di dalam koper tersebut terdapat sejumlah kebutuhan selama berada di tanah suci mekkah nantinya”tutur Widowati pada media.

Azis Baking sebagai kepala Kemenag kabupaten kolaka,mengatakan,bahwa jamaah yang berasal kabupaten Kolaka itu diberangkatkan lebih awal satu hari dengan jamaah yang lainnya, dikarenakan maskapai yang ada di Kolaka ini tidak mampu untuk memberangkatkan para jamaah dengan jumlah 290 orang dengan secara satukaligus.

“Sementara itu juga koper koper dan barang jinjingan para CJH yang diberangkatkan dengan menggunakan ekspedisi melalui jalur laut,”ungkap Azis Baking pada media.

Dan CJH yang berasal dari kabupaten Kolaka akan menginap di asmara haji Sudiang, Makassar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan yang terakhir.

Azis Baking juga menambahkan, bahwa jadwal Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kolaka yang tergabung dalam kloter 23 akan bertolak dari Makassar bersama CJH asal kabupaten Muna dan Wakatobi menuju ke Jeddah pada Sabtu,04/08/18 saat diwawancarai.

KONTRIBUTOR : ASRI JONI

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here