Wakatobi, Koran Sultra – Bagi Masyarakat Pulau Tomia Akan merasakan suasana berbeda saat pulau tersebut dialiri listrik 24 Jam menyala.

Bupati Wakatobi H. Arhawi secara simbolis melauncing penyalaan listrik 24 jam tersebut, di Lapangan Baskar Jaya, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (04/08/2018).

Dikatakan Arhawi, saat ini patut disyukuri. Pasalnya, Pulau Tomia dapat menikmati listrik selama 24 jam. Hal ini tentu membuat geliat pembangunan dan ekonomi masyarakat setempat kedepan akan lebih baik lagi.

IKLAN KPU

“Jauh sebelum saya jadi bupati (saat itu masih wakil) saya telah melihat begitu lemahnya pembangunan di pulau tanpa dukungan energi atau listriknya. Dan alhamdulillah rasa syukur itu telah dirasakan oleh masyarakat kita Pulau Tomia,” kata Bupati Arhawi, Sabtu (04/08/2018).

Arhawi melanjutkan, untuk tahun depan, Pulau Tomia direncanakan pula akan dibangun pelabuhan ferry. Hal ini juga telah mendapat dukungan pemerintah pusat dan provinsi. Tentu hal demikian merupakan harapan bersama, pemkab dan masyarakat.

“Untuk pembangunan infrastruktur yang satu ini, (pelabuhan verry) telah kita lakukan di Pulau Kaledupa. Tahun depan insyah Allah Pulau Tomia akan dimulai pembangunannya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala PLN Baubau Arief Budy Kurniawan mengatakan, kapasitas tenaga listrik saat ini yang memiliki kekuatan 2900 kw dianggapnya tidak ada kendala. Dengan kapasitas beban puncak 800 kw masih jauh lebih kecil ketimbang kapasitas cadangan 1.100 kw atau 1.1 MG.

“Kami sudah tes, beban puncaknya 800 kw itu terjadi pada malam hari sedangkan pada pagi harinya hanya 400 kw, artinya masih besar kapasitas cadangannya,” jelasnya.

Dalam acara tersebut, Bupati Arhawi juga meninjau lokasi pembangunan Perusahan Air Minum Daerah (PDAM) dan mengecek kondisi mesin PLN yang bertenaga diesel.

Acara tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Wakatobi Muh Ali, Sekda Wakatobi Muh. Ilyas Abibu, Manejer PLN Baubau Arief Budy Kurniawan, dan Kepala Rayon PLN Wakatobi Bahktiar, dan perwira penghubung (Pabung) TNI.

KONTRIBUTOR : SURFIANTO NEHRU

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here