Wakatobi, KoranSultra.Com – Pemerintah Kabupaten Wakatobi menyiapkan subsidi modal usaha bagi masyarakat guna mendukung dunia usaha.

Bupati Wakatobi, H. Arhawi menuturkan, subsidi modal usaha bagi masyarakat nantinya akan membantu masyarakat dalam membuka usaha.

Diharapkan dengan jaminan subsidi tersebut ekonomi masyarakat akan lebih bergairah. Demikian pula pemerintah kabupaten (Pemkab) hadir untuk menjawab masalah ekonomi masyarakat. 

“Bila masyarakat ingin tahu seperti apa mekanismennya. Silahkan masyarakat berkonsultasi ke dinas UMKM dan Koperasi. Disana secara teknis akan dijelaskan,” ucapnya, Arhawi dalam lawatannya di Pulau Tomia, belum lama ini. 

Lanjutnya, respon pemberian subsidi bantuan modal usaha itu bagian dari nawacita kepemimpinannya untuk melihat masyarakat membangun, tanpa harus memikirkan bunga bank. 

“Dengan disubsidi oleh pemda, maka masyarakat cukup mengembalikan uang pinjaman tadi, dengan nilai rupiah yang sama, tanpa bunga bank,” ungkapnya. 

Ia menceritakan, kala itu dirinya memotret tingginya minat masyarakat membuka usaha, dan masyarakat rela menganggungkan barang berharga kepada bank. Respon itulah sehingga pemkab mengeluarkan subsidi modal itu, dengan mekanisme dan aturan yang ada. 

Dari penulusuran Wartawan KoranSultra.Com , sejak tahun lalu Pemkab Wakatobi menjalin kerjasama dengan Bank BNI Kantor Baubau. Dan hingga tahun ini tercatat kurang lebih 70 orang wirausahawan yang telah merasakan manfaat dana subsidi tersebut.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here