Jalan sehat di Kecamatan Tinondo yang digear PKM Tinondo Foto: Dekri

Tirawuta, Koransultra.Com – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

”Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,” terang Kepala PKM Tinondo, Habarudin Lasaima, usai menggelar kampanye GERMAS di Lapangan Kecamatan Tinondo, Sabtu (18/8/2018).

Pria yang akrab sapaan Babho ini, menyebutkan jika GERMAS dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban yang sehat.

Kampanye konsumsi sayur dan buah Foto: Dekri

”Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, Mengonsumsi buah dan sayur; serta Memeriksakan kesehatan secara rutin,” katanya.

Kampanye dan launching GERNAS tersebut, dihadiri Sekertaris Dinas Kesehatan Koltim Badwi, selaku perwakilan Kepala Dinas Kesehatan.

IKLAN KPU

”Mari hidup sehat, dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. saya berharap masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungannya. Jika lingkungan kita bersih, tubuh juga sehat,” ujar Badwi.

Foto bersama usai menggelar kegiatan kampanye GERMAS Foto: Dekri

Kampanye GERNAS di Kecamatan Tinondo dilaksanakan usai menggelar peringatan HUT RI ke 73, untuk itu Badwi berpesan, dimomen peringatan HUT RI yang ke 73 dibawa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur.

”Dibawa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati yang didukung segenap jajaran pemerintah Kecamatan dan Desa, semakin membuat kita solid dalam berkarya, berinopasi menuju sehat sejaterah, Koltim religius, dan Tentram Rakyatku,” ketusnya.

Sementara itu, Camat Tinondo Bastian, mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat diharapkan untuk dapat menindak lanjuti kegiatan hidup sehat baik ditingkat Kecamatan maupun di Desa.

Foto bersama pemberian hadiah utama Foto: Dekri

”Nantinya kita bakal melakukan peninjauan kesehatan disetiap rumah, utamanya pada penderita penyakit TBC, yang saat ini mulai merambah pada kehidupan masyarakat,” terang Bastian.

Selain kampanye GERNAS, PKM Tinondo juga gelar berbagai kegiatan seperti, jalan sehat, senam sehat, serta pemberian doorprize terhadap masyarakat Tinondo.

Kontributor: Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here