Pertemuan antara PT Olam Cacao Indonesia dengan Dinas Pertanian Koltim Foto: Dekri

Tirawuta, Koransultra.com – Guna peningkatan kualitas, serta pemasaran kakao di Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), PT Olam Cacao Indonesia (OCI), mengajak Dinas Pertanian Koltim untuk bekerja sama dalam pendirian kebun entris di Koltim.

“Rencananya PT Olam Cacao ini bakal bekerja sama dengan kami di Dinas Pertanian. Baik di bidang pendampingan, pemasaran, maupun dalam pendirian kebun entris kakao di Koltim,” ujar Kadis Pertanian Koltim, Lasky Paemba pada Koran Sultra, Selasa (20/8/2018).

Kata Lasky, kerja sama yang bakal terjalin antara PT Olam Cacao dan Dinas Pertanian nantinya yaitu berupa, pemberdayaan atau pendampingan pada petani. Ini berguna untuk menghasilkan biji kakao yang sesuai dengan standar SNI.

Selain itu, akan ada juga pembinaan bisnis dan pemasaran biji kakao oleh pihak perusahaan tersebut.

“Serta penumbuhan kebun entres yang akan menjadi kebun sumber benih di Koltim. Dimana pemda nantinya akan menyiapkan lahan 10 ha untuk di jadikan kebun sumber benih,” ujar Lasky Paemba.

Kata Lasky, sinergisitas antara kedua pihak ini akan berjalan dengan prinsip saling menguntungkan.

“Yang goal nya nanti adalah peningkatan SDM petani, peningkatan pendapatan petani serta peningkatan kesejahteraan petani,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya kerjasama tersebut, lokasi perkebunan yang disiapkan Pemda, dapat menjadi salah satu sumber PAD Koltim kedepan.

Kontributor: Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here