Wakatobi, Koran Sultra – Selain terkenal dengan terumbu karangnya yang memanjakan mata, Kabupaten Wakatobi ternyata juga memiliki berbagai macam kekayaan berupa aneka kuliner yang tidak kalah dengan daerah-daerah wisata lainnya di indonesia.

Salah satu makanan tradisional khas Wakatobi yang berasal dari kepulauan tukang besi ini adalah tombole.

Tombole jenis kuliner khas Wakatobi yang terbuat dari singkong. Namun ada yang unik dari makanan yang satu ini yaitu cara pembuatannya yang begitu rumit. Sebab pembuatnya harus berurusan dengan Api

“Hebatua” itulah sebutan untuk prosesi pembuatan makanan yang satu ini. Hebatua terdiri dari kata dasar fatu yang artinya Batu.

Disebut hebatua, sebab dalam proses pembuatan tombole, batu yang panas digunakan sebagai media pembakar. Proses pembuatan makanan khas Wakatobi ini sudah menjadi tradisi yang biasanya dilakukan oleh kaum muda sebagai ajang kumpul – kumpul dan bersilaturahmi.

IKLAN KPU

Bahan yang digunakan dalam membuat tombole cukup mudah yaitu singkong yang telah diparut dan ditiriskan sarinya, kelapa parut, bawang merah, dan gula pasir (bagi yang mau memaniskan), semua bahan disatukan dan diaduk hingga merata kemudian dibungkus kecil-kecil dalam daun pisang.

Untuk pembakaran tombole terbilang unik. Pertama batu dibakar hingga panas. kemudian batu yang telah panas disusun agar tombole dapat diletakkan diatas batu panas tersebut.

Setelah tombole diletakkan, bagian atas ditutupi batu panas lagi dan dilapisi daun pisang agar panas tidak menyebar. Sekitar 30 menit kemudian angkat dan siap disantap

Di Wakatobi, selain menjadi makanan tradisional yang dikonsumsi masyarakat, tombole juga sudah mulai diperjualbelikan menjadi salah satu buah tangan bagi wisatawan.

Salah satu pembuat tombole yang cukup kondang di Wakatobi adalah nenek bernama Wa Iya yang tinggal di Desa Pajam, Dusun Palea, Kecamatan Kaledupa Selatan.

Pada moment Festival Benteng Tindoi Maleko Pulau yang diselenggarakan pada 26 sampai 28 Agustus 2018, gadis dengan umur kurang lebih 15 tahun ini memamerkan cara pembuatan tombole kepada tamu yang kerkunjung.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here