Wakatobi, Koransultra.com – Bupati Wakatobi H. Arhawi menuturkan syarat menjadi seorang pelayar kapal laut harus memiliki keahlian di bidang pelayaran yang dibuktikan dengan sertifikasi pelayaran.

“Saat ini beda dengan tahun lalu, bahwa untuk menjadi seorang pelayar disebuah kapal minimal harus memiliki dasar-dasar ilmu pelayaran secara khusus pada ABK,” katanya saat membuka DPM, khusus bagi nelayan dan pelaut tradisonal di Vila Nadila, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Senin (03/09).

Ia menuturkan, Pemda saat ini dalam giat-gaitanya mendorong peningkatan sumberdaya manusia. Baik pada level aparatur birokrasi, maupun pada masyarakatnya. Khususnya pada bidang peningkatan kapasitas sumber daya pelayaran.

“Kita semua inginkan melalui pelatihan dan pendidikan BST KLM dan SKK 60 putra-putra daerah ini dapat bersaing bukan hanya ditingkat daerah, di nasional juga,” ujar H. Arhawi.

Lanjut Arhawi, pihaknya mengapresiasi Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar yang menyelenggarakan kegiatan pelatihan tersebut di Wakatobi. Ia menginginkan diklat itu akan memberi manfaat bagi para pesertanya.

IKLAN KPU

“Semoga para peserta diklat DPM serius mengikutinya. Sehingga ilmu-ilmu dasar tentang kepelayaran itu dapat dipergunakan, dan mudah-mudahan kedepan pemerintah hadir untuk mendukung kegiatan tersebut,” harapnya.

Lebih jauh lagi ia mengatakan, pelatihan tersebut sejalan dengan nawacita Presiden RI Jokowi dalam mendukung kemaritiman. Hal itu juga marupakan bagian dari visi pemda Wakatobi sebagai kabupaten maritim sejahtera dan berdaya saing. 

“Kenapa kita bercita-cita demikian, disamping untuk mensingkronkan program nasional, juga geografis Wakatobi sebagian besar adalah laut, yakni 97 persen laut. Dan niat juga membangkitkan nilai luhur kemaritiman, dan sejarah juga telah mencatat,”

Sementara itu, Wakil Dirut III, PIP Makassar, Dr. H. Jumardin mengatakan, pelatihan itu diikuti lebih kurang 200 nelayan dan pelaut tradisional. Pada pelatihan itu, para peserta akan diberi ilmu dasar tentang kepelayaran laut dengan jarak 100 mil. 

“Kami (PIP Makassar) juga sangat menyambut baik niat pemerintah daerah dalam mendukung program peningkatan bagi nelayan dan pelaut. Pada prinsipnya, kegiatan ini akan memberi manfaat bagi peserta,” tukasnya.

Kontributor : Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here