Tirawuta, Koransultra.com – Peringati Tahun Baru Islam 1440 Hijiriah/ Tahun 2018 Masehi, Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar kagiatan Tabligh Akbar, di Lapangan Sepak Bola Nur Latomoro Rate-Rate, pada Rabu (12/9/2018).

Kegiatan yang menghadirkan penceramah asal Makassar Ustadz H Azhar Tamanggong itu, berlangsung meriah.

Wakil Bupati Koltim Andi Merya Nur mengatakan, kegiatan yang digelar Pemerintah Daerah merupakan peringatan tahun baru Islam 1440 Hijiriah 2018 Masehi.

“Kami berharap masyarakat dapat menegakkan syariat yang khafah dan ukhuwah Islamiyah supaya dapat terciptanya masyarakat yang damai sejahtera dan bermartabat,” ujarnya.

Ia berharap semoga kedamaian, kesejahteraan dan keberkahan tercurah di bumi Kolaka Timur.

“Serta rasa terimakasih yang setinggi-tingginya kepada bapak Ustadz H Azhar Tamanggong, yang telah menyempatkan waktu dan kesempatanya mengadiri kegiatan ini,” ucap Merya Nur dihadapan ribuan jamaah.

Sementara itu, Ustadz H Azhar Tamanggong melalui tausiyahnya menyampaiakan, Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H yang juga bertepatan dengan malam 1 Suro menurut penanggalan Jawa jatuh pada Selasa, 11 September 2018.

Bulan Muharram sendiri menurut Islam merupakan bulan yang dihormati selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Rajab Mudhar.
Beberapa amalan juga bisa dilakukan untuk menyambut datangnya tahun baru Islam.

“Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa. Selain ibadah puasa ramadan, ada ibadah puasa lain yang dapat dilakukan.
Termasuk puasa yang dilaksanakan pada bulan Muharram,” ucapnya.

“Puasa ini sering disebut puasa Asyura. Niat Puasa Asyura dalam menyambut Bulan Muharram Tahun Baru Islam, bisa hapuskan dosa setahun,” tukasnya.

Kontributor : Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here