Lokasi pemebersihan depan Rumah adat di samping SOR Foto: Bensar

Raha, Koransultra.com – Lautan di planet bumi telah dipenuhi sampah plastik, tapi rupanya tepi laut Kabupaten Muna trus dilakukan pemebersihan, meskipun hingga saat ini masih ada kendala yaitu minimnya pelengkapan pengangkut sampah.

IKLAN KPU

Para tenaga honorer dari Badan Lingkungan Hidup (BLH), La Empa mengatakan pihaknya trus menjalankan tugas dengan cara membersihkan sampah yang berserahkan utamanya yang ada di dua titik, yaitu di depan Rumah Adat jalan baypas Raha dan dimesjid Al Munajat.

“Saat ini kami gunakan rakit untuk pengangkut, sampah, memang sebelumnya kami memiliki perahu namun rupanya dirusaki oleh orang yang tidak bertangubg jawab, “ujar La Empa bersama kawanya Adas, La Ode Mizani dan Sarman, mereka adalah honorer, Senin (24/9/2018) pagi.

Pantauan media Koran Sultra.com, para tenaga honorer yang bertugas ditepi pantai didepan kanal, mereka mengunakan rakit dari kayu (papan) sepanjang 9 meter.

“Jadi setiap hujan kami kontrol sampah yang ada didepan kanal, apa lagi mengambil sampah, turun kedasar dengan lumpur sedalam 1 meter,” keluhnya.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup,
La Ode Sahusu mengatakan, mereka benar adalah honorer dari BLH, tetapi kalau persoalan kelengkapan fasilitas, itu bukan domain kami.

“Kalau berkaitan dengan laut itu domain Dinas Perikanan Dan Kelautan (DKP) Muna. Kalau BLH tentu memfasilitasi kelengkapan kanal, bukan ditepi laut, “ujar dengan hari yang sama.

Kontributor : Bensar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here