63 PNS Muna Ikut Uji Kompetensi Foto: Bensar

Raha, Koransultra.com– Sebanyak 360 Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti uji komptensi bagi penjabat administrator (eselon III B dan III A) serta pengawas (eselon IV), yang dilaksanakan, Kamis ( 27/9) di Aula Kantor Daerah, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Kepala BKN Region IV Makasar, Sayadi saat menyampaikan kata sambutan dihadapan 360 orang peserta uji kompetensi, Rujukan pelaksanaan kegiatan ini adalah PP nomor 11 tahun 2017, terkait tentang kompetensi seorang PNS.  

“Dengan uji kompetensi ini dapat diketahui minat bakat seorang PNS dalam menduduki jabatannya apakah sesuai dengan komptensi, yang dinginkan. Hasil uji kompetensi ini dapat digunakan untuk merombak jabatan dan dapat juga untuk promisi jabatan,” terang Sayadi.

IKLAN KPU

Terkait banyak PNS yang non job memgikuti kegiatan ini, kata Sayadi dalam uji komptensi ini, tidak bicara lulus atau tidak lulus.

“Kita tidak bicara lulus dan tidak lulus dalam uji komptensiini, makanya bagi PNS yang non job bisa saja diangkat kembali jika hasil uji komptensi pada unit kerja yang dia tujukkan, hasilnya baik. Terkait aturan yang tertuang dalam PP nomor 11 tahun 2017 itu, memang penjabat yang ikut job fit itu minimal sudah menduduki jabatan 2 tahun. Begitu juga dari eselon III A mau naik ke eslon II atau kadis.

Tapi bisa saja baru 1tahun karena sebelumnnya, sudah pernah menduduki jabatan eselon yang sama,” tambah Sayadi.

Sementara itu Bupati Muna LM Rusman Emba ST berharap 360 pserta uji komptensi ini, sukses semua.

“Saya berharap semua PNS yang ikut uji komptensi ini, lulus semua. Kalau dulu Bupati itu bisa seenaknya ganti ganti angkat penjabat, sekarang tidak bisa lagi. Dari kegiatan ini nantinya akan diketahui bakat, karakter dan kemampuan saudara. Jadi ikutilah kegiatan ini sebaik mungkin, agar lulus semua,” ujar.

Rusman juga menyingung karakter para penjabat di Muna, di Muna ini beda dengan daerah lain, ada pejabat misalnya duduk dijabatan A,  tapi kukuasaanya melampai jabatannnya, Ada juga penjabat yang munafik, lain di depan lain dibelakang,” singgung Bupati Muna.

Dalam kegeiatan tersebut, rombongan BKN Regional IV Makasar, Wakil Bupati Muna Ir H Abdul Malik Ditu MSi, Sekda Muna Nurdin Pamone SH, PLt Kepala BKSDM Muna, para kepala OPD dan ratusan peserta uji komptensi.

Kontributor : Bensar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here