Kolaka, koransultra.com – Dalam rangka menghadapi Pemilu serentak tahun 2019 mendatang, Polres Kabupaten Kolaka bersama KPUD mengelar deklarasi pemilu damai, Jumat (2/11/2017).

Kegiatan yang berlokasi pelataran Polres Kolaka itu, bertujuan untuk melakukan pencegahan terhadap konflik atau permasalahan yang krusial, serta menciptakan pemilu yang aman damai.

“Permasalahan yang krusial khususnya pada tahapan kampanye saat ini adalah money politic, kampanye hitam dan dan lainnya,” ungkap Kapolres Kolaka, AKBP Bambang Satriawan dalam sambutannya.

Seperti yang diketahui bersama kata Kapolres, memasuki tahapan kampanye yang saat ini berlangsung, mulai dari tanggal 23 September hingga 13 april mendatang, Dimungkinkan terdapat berbagai potensi kerawanan permasalahan.

IKLAN KPU

“Dukungan dari Bawaslu, TNI, Pemda serta masyarakat agar dapat bekerja sama mengantisipasi sejak dini agar hal tersebut tidak berkembang menjadi ganguan nyata dalam penyelenggaraan tahapan pemilu serentak,” harapnya.

Menurut Kapolres, agenda pemilu secara nasional dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah republik indonesia. Mengingat, arti penting dan strategisnya penyelenggaraan pemilu, polres kolaka berperang penting serta bertanggungjawab dalam mengawal dan mewujudkan pemilu serentak tahun 2019 agar berjalan damai, aman dan sejuk.

“Untuk itu diharapkan semua pihak dapat memberikan kontribusi positif,” tutupnya.

Sementara ketua KPUD Kolaka, Nur Ali meminta kepada seluruh partai politik peserta pemilu, untuk mendeklarasikan pemilu yang berintegritas damai serta semangat dalam mewujudkan kampanye pemilu damai aman tertib yang dituangkan dalam naskah ikrar bersama.

“Ucapan dan tindakan semua partai politik maupun calon anggota legislatif akan menjadi tolak ukur masyarakat untuk menentukan sikap politiknya,” pungkasnya.

Dirinya hanya berharap untuk kepada semua elemen masyarakat, agar bersama-sama mewujudkan pelaksanaan pemilu yang damai, bebas rahasia jujur dan adil.

Untuk diketahui, kegiatan deklarasi pemilu damai yang digelar oleh polres kolaka serta KPUD tersebut, dihadiri oleh Perwakilan Partai Politik, Bawaslu Kolaka, bawaslu Kolaka Timur dan KPUD Kolaka, Pemerintah Daerah serta seluruh jajaran anggota Polres Kolaka.

Kontributor : Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here