Jelang Pilkades Serentak di Kolaka, Satu Calon Kades Mengundurkan Diri

Kolaka,Koransultra.com – Pemilihan kepala Desa (Pilkades) di Wilayah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), akan digelar serentak pada hari Selasa, 17 /12/2018.

Namun, menjelang H-1 pemilihan, salah satu kandidat atas nama Ali, asal Desa Unamendaa, Kecamatan Unamendaa, Kolaka, mengundurkan diri dari bursa pilkades.

Saat dikonfirmasi, Ali mengakui jika niatnya untuk maju sebagai sebagai calon telah ia batalkan. Sebab Ali menilai pihak panitia pemilihan tidak netral pada tahap pemilihan.

“Masa calon kades yang membagikan surat panggilan kepada masyarakat. Itu kelihatan ada kerja sama dengan panitia,” kata Ali kepada Koransultra, Senin (17/12/2018).

“Berita tentang beliau bagikan kartu panggilan dari salah satu oknum panitia, itu fitnah, kalau yang lain no komen,” sambung salah satu calon Kades Unamendaa, Andi Darwis sambil tersenyum.

Sementara, ketua Panitia Pikades Unamendaa, Abdul Gani mengakui jika salah satu kandidat telah mengudurkan diri secara lisan. Namun dalam proses penguduran diri tersebut, pihaknya tidak bisa melakukan proses pembatalan. Sebab menurut dia, proses pemilihan tinggal sehari. Sedangkan penetapan calon kepala desa beberapa waktu lalu sudah ada komitmen bahwa calon tersebut tidak akan mundur sampai tahapan selesai.

“Kalau persoalan salah satu kandidat yang membagikan kartu  panggilan, itu sudah diselesaikan kemarin. Dan tidak ada sangkut pautnya dengan menggunduran diri salah satu kandidat,” pungkasnya.

Kontributor : Asri Joni 

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here