Arhawi, Refleksi Atas Perjalanan Sejarah Berdirihnya Wakatobi

Wakatobi, Koransultra.com – Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara memperingati hari jadi ke-15, Selasa 18 Desember 2018. Peringatan HUT ditandai dengan seremoni upacara bendera yang dipimpin langsung Bupati Wakatobi, H. Arhawi SE.

H Arhawi SE berharap momen peringatan HUT dijadikan refleksi atas perjalanan sejarah berdirinya Wakatobi dalam upaya membawa Wakatobi lebih maju, sejahtera dan berdaya saing.

“Tema yang diusung dalam peringatan HUT Wakatobi tahun 2018 mengukir prestasi, memperkuat daya saing, sinergitas generasi maritim masa depan Wakatobi mengirim pesan yang sangat mendasar untuk semua stakeholder agar mewujudkan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

IKLAN KPU

Arhawi mengatakan, prasyarat dan langkah untuk mewujudkan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat daerah adalah prestasi, daya saing dan sinergitas. Ia pun mengharapkan satuan Organisasi Pejabat Daerah (OPD) untuk terus mengukur prestasi diberbagai bidang, baik ekonomi, sosial budaya, infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Tentu prestasi hanya dapat lahir dengan kerja leras, kerja cerdas dan kerjasama antar pelaku pembangunan. Ditengah-tengah persaingan yang begitu pesat dewasa ini sebagai implikasi kemajuan teknologi, maka jawabannya yang harus kita siapkan bagaimana meningkatkan daya saing daerah ini dalam berbagai aspek pembangunan,” katanya.

Dia menjelaskan, daya saing hanya dapat diraih dengan memperbaiki tata kelola pemerintahan dengan mengadopsi penerapan tekhnologi, dengan mendorong daya kerja inovasi disetiap unit kerja OPD. Dan menyiapkan aparatur birokrasi yang berkualitas dalam menopang program pendidikan dan kesehatan.

“Dalam rangka menyatukan kekuatan dan potensi yang dimiliki oleh daerah guna menyongsong masa depan yang lebih berkualitas, maka dibutuhkan sinergitas antara generasi maritim sebagai simbol peradaban daerah ini,” jelasnya.

Lanjut dijelaskan Arhawi, budaya Maritim yang telah terbangun secara turun temurun sebagai warisan leluhur merupakan potensi dan kekuatan daerah dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

“Olehnya itu, potensi kemaritiman yang menjadi unggulan daerah ini harus dapat dioptimalkan melalui sinergitas generasi maritim, untuk mengelola dan mengembangkan potensi ini untuk kemajuan daerah di masa yang akan datang,” ujarnya.

Semua pelaku pembangunan di daerah harus terus berlomba mengukir prestasi diberbagai bidang. Prestasi hanya dapat lahir dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama diantara pelaku pembangunan.

Kontributor : Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here