Mentan: Kami Pastikan Bantuan Bibit Kakao Benar-benar Unggul

Lasusua, Koransultra.com – Kunjungan Kerja Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, bersama rombongan di Desa Kalahunde, Kecamatan Pakue Tengah, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). disambut meriah oleh masyarakat, Kamis (27/12/2018).

Dalam kunjugan Menteri Kabinet Jokowi-Jk itu, selain menghadiri panen raya jagung dan penanaman perdana Revitalisasi kakao, Menteri kelahiran Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan itu, juga telah memastikan bibit kakao yang ditanam oleh petani adalah bibit unggul.

“Kunjugan kami ini sekaligus memastikan bibit terbagi dengan baik dan bibit unggul,” ujar Amran.

Produksi kakao di Indonesia perlu digenjot dengan menggerakkan dan menggalakkan kembali tanaman perkebunan dan holtikultura. Sebab, produksi kakao sekarang hanya mencapai 0,5 ton per hektar.

“Makanya, dengan bibit unggul yang terbagi, kita bisa genjot produksi kakao hingga 3,5 ton per hektar,” katanya.

Lebih lanjut Amran mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak salah dalam memilih bibit. Sebab jika salah dalam memilih, akan berakibat pada penyesalan selama 20 hingga 30 tahun kedepan.

“Kalau bibit unggul ini produksinya bisa 6 kali lipat, sekitar 8 bulan sudah berbunga, dan kalau sampai 18 bulan itu sudah bisa berbuah,” kata Amran.

Amran berharap patani di Indonesia terus meningkatkan produktifitas, kualitas sehingga kesejateraan petani dapat meningkat.

Untuk diketahui, dalam kunker Mentan tersebut, selain membagikan bibit kakao unggul, Mentan juga membagikan bibit jagung dan beberapa alat mesin pertanian seperti hand traktor roda empat.

Kontributor: Fyank

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here