Desa Longa Wakili Wakatobi di Lomba PKK KKBPK-Kes Sultra

Wakatobi, Koransultra.com – Desa Longa Kecamatan  Wangi – Wangi terpilih mewakili Kabupaten Wakatobi dalam lomba Kesatuan Gerak Pembinaan Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga dan Kesehatan (KKBPK-Kes) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2018. Saptu (12/1/2019)

Untuk lomba tersebut, Desa Longa dilakukan penilaian oleh tim PKK, KB dan Kesehatan untuk melihat sejauh mana desa menyatukan gerak dan upaya dalam melaksanakan kegiatan PKK.

Bupati Wakatobi,  H. Arhawi dalam sambutanya mengungkapkan kegiatan bermanfaat karena dapat mendorong dan memotivasi jajaran pemerintah dan masyarakat untuk lebih giat mengintegrasikan pemikiran. Khususnya pada lembaga yang melaksanakan lomba ini yakni PKK dan KB Kes agar saling terkait satu sama lain dalam satu gerakan.

Arhawi berharap, antar OPD yang ada keterkaitan kerja harus menyatukan gerak bersama-sama dan bersinergi dalam menentukan operasional kegiatan.

Desa Longa Wakili Wakatobi di Lomba PKK KKBPK-Kes Sultra

“Agar apa yang kita laksanakan dapat di rasakan masyarakat, yang juga merupakan modal besar dalam membangun daerah dan masyarakat Wakatobi yang lebih sejahtera,” ujarnya.

IKLAN KPU

Selain itu, Ia juga menekankan agar institusi pelaksana lomba PKK ini dapat menghasilkan kerja nyata dengan mengambil peran untuk mewujudkan Desa Longa Hebat.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Longa dan institusi terkait atas segala partisipasinya sehingga kegiatan ini dapat berjalan baik dan sukses,” tandasnya.

Desa Longa Wakili Wakatobi di Lomba PKK KKBPK-Kes Sultra

Dikesempatan yang sama, Ketua Tim Penilai, Maswati Majid dalam sambutannya mengatakan tema tahun ini adalah kita tingkatkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju Indonesia sejahtera.

Dijelaskan Awal bahwa penilaian Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) – Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) – Kesehatan tahun 2018 dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak PKK, BKKBN dan Kementerian Kesehatan.

Penilaian Kesatuan Gerak PKK –KKBPK- Kesehatan ini sebagai sarana pembinaan untuk 
memotivasi para kader dan keluarga serta Tim Penggerak PKK dalam pencapaian target PKK- KKBPK dan Kesehatan.  

“Lomba ini bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga,” ujarnya.
 
Kemudian dijelaskannya bahwa penilaian lomba meliputi Kegiatan pemberdayaan yang 
mendukung Program Kependudukan , Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan yang terkait dengan 10 Program Pokok PKK, khususnya program ke-7 , 9 dan 10 (Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat).

Untuk diketahui kegiatan ini dihadiri  Ketua TP-PKK, Hj. Safaria Arhawi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Kabag, Camat, Kades/Lurah dan tokoh masyarakat serta pengurus dan kader PKK Desa, Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here