Kapolda Sultra Kunjungi Jati Tertua di Dunia usia 367 tahun

Raha, Koransultra.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjen Pol. Iriyanto melakukan kunjungan di Kecamatan Napabalano tepatnya di Tampo Kabupaten Muna, guna melihat jati tertua di dunia yang diperkirakan telah berusia 367 tahun.

Kunjungan kerja (Kunker) Kapolda Sultra, Brigjen Pol. Iriyanto bersama rombongan yang didampingi Kapolres Muna, AKBP. Agung Ramos P. Sinaga bersama jajaran melakukan perjalanan menuju lokasi kawasan konservasi cagar alam Tampo seluas 10.5 Ha dengan menggunakan motor trail.

Brigjen Pol. Iriyanto saat ditemui usai melihat pohon jati tertua di dunia dengan tinggi diperkirakan 30 meter. Pohon jati tertua sebagai monumen yang harus dilindungi karena Kabupaten Muna terkenal dengan komoditi jati.

“Sebelum Indonesia merdeka, Muna terkenal dengan kekayaan kayu jati, hal ini terbukti dengan adanya pohon jati tertua di dunia,” ungkapnya, Rabu 16 Januari 2019.

Mengajak pada masyarakat Muna untuk menjaga dan kelestarian hutan lindung sebab ini kekayaan Muna.

“Kalau masyarakat tidak menjaga, maka jati akan musnah semua, sudah saatnya sebagai generasi harus menjaga, ikut melestarikan dan menjaga kawasan hutan terutama kawasan konservasi cagar alam tampo,” harap Kapolda yang baru dilantik 8 bulan.

Pihaknya, kami akan berdampingan dengam pihak kehutanan untuk menjaga hutan dari ulah oknum yang merusak hutan.

Menyebut, Ilegal loging telah berkurang namun bersama pihak kehutanan tetap menjaga dan melestarikan hutan

“Kalau ada masyarakat yang membawah kayu tanpa dokumen yang sah harus diproses sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Kontributor: Bensar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here