Sudah bayar Ratusan Juta, Sertifikat Tanah Pemda Kolut Mandek di BPN

Lasusua, Koransultra.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), sampai hari ini belum juga menyelesaikan sepenuhnya sertifikat tanah milik Pemda Kolut sebanyak 89 bidang.

Padahal, Pemda Kolut telah merogoh dana sebesar Rp300 juta untuk pembuatan sertifikat tanah pada tahun 2011 lalu.

kepala Bidang Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) Pemda Kolut, Haril Amri mengungkapkan, untuk persoalan sertifikat tanah tersebut sepenuhnya urusan pihak BPN. Sebab semua kewajiban dalam pembuatan sertifikat telah dilaksanakan sepenuhnya.

“Jadi kami tidak mau tahu, yang jelas sertifikat sudah ada. Karena semua persyaratan telah kami penuhi,” tegasnya, Senin (21/1).

Sebelumnya, pihak Pemda telah mengusulkan pembuatan sertifikat tanah pada tahun 2011 lalu dengan anggaran kurang lebih Rp300 juta. Namun, sampai hari ini pihak BPN baru menyelesaikan sekitar 30 lebih sertifikat.

“Kami juga masih bingung kendala apa sehingga BPN belum menyelesaikan sertifikat itu,” ujarnya.

“BPN juga tidak perna menyampaikan kepada kami apa kendalanya. Kalau memang ada, kami akan segera tindak lanjuti,” terangnya.

Sementara, kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kolut, Suangto mengatakan, belum selesainya pembuatan sertifikat tersebut lantaran pihak Pemda belum sepenuhnya memenuhi dasar-dasar pembuatan sertifikat atau alasat.

“Ditambah lagi masih ada tanah yang bersengketa,” kata Suanto saat dikonfirmasi melalui telefon selulernya.

Suanto mengaku pihak BPN sendiri telah menyampaikan persoalan tersebut kepihak Pemda terkait semua persyaratan teknis pembuatan sertifikat.

“Makanya sampai hari ini sertifikat pemda yang kami buat baru separuh,” katanya.

Kontributor: Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here