Diterjang Ombak, KM Permata Nusantara Nyaris Tenggelam

Kolaka, Koransultra.com – Cuaca ekstrim yang sanagt tidak bersahabat dan juga nyaris menenggelamkan kapal Ferry KM Permata Nusantara yang tujuan dari pelabuhan Kabupaten Kolaka Sultra menuju pelabuhan Bajoe Kabupaten Bone Sulsel langsung berputar arah mengarah pelabuhan kolaka kembal sekitar pukul, 01.30 pada Selasa, (22/1/2019).

Uddin salah seorang penumpang ferry KM permata Nusantara menuturkan, pada saat kapal ferry berangkat dari pelabuhan Kolaka menuju pelabuhan Bajoe Bone Sulsel ombakpun sudah mulai keras terasa. 

Tapi kapal ferry yang kami tumpangi masih juga melakukan keberangkatan untuk belayaran menuju ke pelabuhan bajoe,namun kira kira sekitar di pulau Lambasina, kapal yang kami tumpangi itu sudah mulai oleng akibat hantaman gelombang ombak yang sangat tinggi.,dan akhirnya penumpang kapal lainnya mulai panik dan berlomba mengambil jaket pelampung satu persatu

Adapun nahkoda kapal KM Permata Nusantara, Tomas Mudjianto, menuturkan kepada awak media, bahwa satu setengah jam setelah kapal meninggalkan pelabuhan Kolaka Sultra, dan pukul 03.00 subuh tiba-tiba angin sangat kencang serta gelombang ombak yang keras menghantam Kapal kami dengan ketinggian tiga sampa empat meter.

“Akibat Cuaca Buruk yang sangat bebahaya untuk melanjutkan pelayaran kapal ini maka kami mengambil tindakan untuk berbalik arah kembali ke pelabuhan Kolaka Sultra,akhirnya kami sampai di pelabuhan Kolaka sekitar pukul, 3.00″Ungkapnya. 

Atas kejadian tersebut ratusan para Penumpang Terlantar di Pelabuhan Kolaka Sultra Selama 5 Jam, dari kejadian tersebut sedikitnya tiga unit mobil bus yang ada di dek lantai bawah dasar terbalik di dalam kapal.

Berdasarkan daftar atau manifes yang ada, jumlah penumpang sekitar 111 orang, dan jumlah mobil bus dan mobil truk sebanyak 12 unit serta motor satu unit.

Dan kini dalam proses evakuasi kendaraan bua yang terbalik didalam kapal ferry KM Permata Nusantara. Sementara kendaraan yang lainnya sudah di evakuasi dan terpakir di area dermaga pelabuahan. 

Kontributor : Asri Joni

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here