Rakor Anti Narkoba, Walkot Pastikan Baubau Bebas dari Narkoba Foto: Muhlis

Baubau, Koransultra.com – Walikota (Walkot) As Tamrin pastikan Kota Baubau bebas dari peredaran narkoba. Pernyataan Walkot itu diutarakan dalam sambutannya pada kegiatan Rapat koordinasi (Rakor) yang digelar bersama pejabat Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Tenggara (Sultra) di salah satu hotel di Jalan Bunga Dahlia, Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Rabu (23/1/2019).

Dikatakan As Tamrin pemerintah kota Baubau telah melaksanaka pencegahan narkoba dari beberpa tahun yang lalu.

Mengingat, barang haram tersebut dapat merusak masa depan pemuda dan masyarakat.

Sehingga Pemkot mengantisipasi peredaran narkoba mulai dari tingkat RT/RW hingga tingkat kota.

“Rencana kedepan semua jajarana OPD dan DPRD Pemkot Baubau akan di adakan Tes Urine, untuk pembentukan satgas anti Narkoba di Kota Baubau dan sosialisasinya bisa dilakukan per kecamatan sampai tingkat bawa yaitu kelurahan,” ujar As Tamrin.

Rakor tersebut dihadiri langsung kepala BNN Sultra Brigjen Pol. Bambang Priyambadha.

Kepala BNN Sultra Brigjen Pol. Bambang Priyambadha menyebutkan, kejahatan Narkoba di Sultra sangat pesat.

Dimana pada tahun 2017 sebanyak 500 gram, sedangkan pada tahun 2018 BNN menemukan sebanyak 3,5 Kg narkotika jenis sabu, dan awal tahun 2019 BNN sudah menangkap dengan barang bukti sebanyak 5 Kg Narkoba.

“Modus sekarang para pengedar Narkoba melalau jalur laut dan pelabuhan tidak resmi. Berdasarakan hasil survei tahun 2018 Provinsi Sulawesi Tenggara teridentifikasi pemakai Narkoba sebanyak 29 ribu orang atau 1,5 % dan 36 orang kasusnya sudah diselesaikan,” ujar Kepala BNN Sultra.

Untuk itu, Bambang Priyambadha mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati apabila ada pengiriman barang yang tidak diketahui ditujukan pada kita.

“Jika ada perlu dilaporkan kepada pihak yang berwajib. Sebab adanya modus dengan meminjamkan KTP orang lain juga no rekening bertujuan untuk transaksi Narkoba,” katanya.

Dalam rakor tersebut juga dihadiri langsung Kapolres Baubau AKBP Hadi Winarno.

“Beberapa pencegahan dan penanggulangan terkait narkoba sudah dilakukan Polri, seperti kegiatan yang dilaksanakan disekolah, dikampus dan tempat hiburan malam, baik dalam bentuk razia maupun tes urine,” kata Kapolres Baubau AKBP Hadi Winarno.

Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan Instruksi Presiden (Inpres) No.6/2018.

Walikota Baubau membacakan ikrar dan dilanjutkan pemasangan atribut kepada Perwakilan relawan anti Narkoba sebagai tanda ditutup nya acara.

Kontributor: Muhlis

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here