Pelatihan Kader GISA, Surunuddin: Setiap Tiga Bulan Camat wajib Laporkan Data Penduduk Foto: Kasran

Andoolo, Koransultra.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menggelar kegiatan Gerakan Indonesia Sadar Administasi Kependudukan (GISA) yang berjumlah 400 orang Kader, dibagi 2 angkatan. Tujuanya adalah untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan pemahaman tentang tata cara persyaratan pernebitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil, khususnya di Konawe Selatan, Laeya, Rabu (30/1/19).

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat membuka kegiatan pelatihan kader GISA mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk inovasi dari Dinas kependudukan dan catatan sipil, dengan melibatkan kader PKK terutama yang berada di desa atau kelurahan guna membantu mensosialisasikan kemasyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan, dalam mendukung program pemerintah kabupaten menuju Desa Maju Konsel Hebat.

Pelatihan kader GISA dimaksud untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan tentang tata cara persyaratan pernebitan dokumen kependudukan, dalam segala hal terutama untuk pelayanan publik.

Pelatihan Kader GISA, Surunuddin: Setiap Tiga Bulan Camat wajib Laporkan Data Penduduk

Kiranya para peserta kades GiSA, lanjut Surunuddi, dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang persyaratan penerbitan dokumen kependudukan. Sesuai Perpres No. 96 tahun 2018, yang mana kader PKK merupakan ujung tombak di desa dan kelurahan dalam mensosialisasikan kepada masyarakat agar segera memiliki dokumen kependudukan berupa kartu keluarga, KTP, Akta-akta dan lainnya.

“Pesan saya untuk para Camat setiap 3 bulan harus ada laporan tentang kependudukan di kecamatan masing-masing, baik itu yang lahir maupun yang maninggal. Agar laporan kependudukan tercatat dengan baik guna Updatenya data kependudukan kita di Konawe Selatan,” tegasnya.

Untuk peserta pelatihan sadar kependudukan, tambah dia, harus serius mengikuti kegiatan ini, karna kalau kita tidak seriusi jangan harap akan berjalan dengan semestinya.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas kader GISA dalam membantu mensosialisasikan program yang kita mulai dari tingkat RT/RW, Dusun, Lingkungan sampai ketingkat desa dan kelurahan,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Bupati Konsel, H.Surunuddin Dangga,ST.,MM, ketua DPRD konsel, Irham Kalenggo, S.Sos.,M.Si, Sekda konsel Drs.Ir.H.Sjarif Sajang,M.Si, kadis Disdukcapil Nurlita Jaya,S.Sos.,M.Kes, Dr. Ir. Ismail Lawasa, M.Si kadis dukcapil Provinsi Sultra, Kadis perindag Hj. Siti Chadidjah, kabag Humas Drs. Taufiq Amin Lar, M.Si dan kabag Umum Erna Yustiana.

Kontributor : Kasran

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here