Dinas P2KB Wakatobi gelar Pencanangan Kampung KB, Ini Tujuannya

Wakatobi, Koransultra.com – Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Wakatobi, gelar pencanangan Kampung KB di Desa Kabita Togo, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara(Sultra), Kamis (31/1/2019).

Turut hadir Bupati Wakatobi H Arhawi, SE, Sekda Wakatobi Muh ilyas Abibu, Kapolres Wakatobi AKBP Didik Erfianto, SIK, Kejari Wakatobi Ade Hermawan, SH.,MH, ketua TP PKK  Wakatobi, Pimpinan Skpd, Camat dan TP PKK Kecamatan, undangan lainnya.

Pencanangan kampung KB adalah gerakan dari Program-program KB yang mampu bersinergi dengan Program Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan lainnya melalui Sosialisasi, Komunikasi, Edukasi tentang Program KB kepada masyarakat, serta pelayanan KB di tingkat desa, kelurahan dan kecamatan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan  Keluarga Berencana Wakatobi, La Ode Safihuddin mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Melalui Program Kependudukan dan Keluarga Berencana,  serta pembangunan Sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,” ujar La Ode.

Dinas P2KB Wakatobi gelar Pencanangan Kampung KB, Ini Tujuannya

Sementara itu, Bupati Wakatobi, H.Arhawi mengatakan pencanangan Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat Desa melalui program KKBPK, serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Melalui kampung KB ini, diharapkan kedepan laporan pelaksanaan program KKBPK, tidak hanya ditujukan kepada OPD penggelola program saja, tetapi juga kepada setiap pimpinan wilayah secara berjenjang, kalau itu terealisasi, maka tidak akan ada lagi Kepala Desa, Lurah dan Camat yang tidak mengetahui pencapaian program ini di wilayahnya,” ujar Bupati Wakatobi Arhawi.

Kata H.Arhawi, program KKBPK memiliki peran strategis yang dapat mempercepat kemajuan suatu bangsa. KB bukan hanya mengatur kelahiran, namun mendorong keluarga memiliki perencanaan lebih baik, sehingga nantinya sebuah keluarga dapat hidup sejahtera dan berkualitas.

“Harus disadari bahwa program KKBPK bukan sekedar program pengendalian jumlah anak saja, tetapi lebih dari itu, sebagai program pembangunan keluarga. Saya berharap agar seluruh Desa di Kabupaten Wakatobi bisa di inisiasi, di fasilitasi dan dibentuk untuk menjadi kampung KB melalui kesatuan gerak PKK,”  tutup Arhawi.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here