Ombusdman Sultra Angkat Bicara Soal Pelayanan Buruk di DP3A Konsel

Andoolo,Koransultra.com – Ombusdman perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) angkat bicara soal kondisi kantor yang kosong di DP3A Konsel saat jam kerja, Rabu kemarin (30/1/19). Hal tersebut disampaikan Mastri Susilo, ia mengatakan ini tidak boleh terjadi karena kantor pemerintahan merupakan tempat pelayanan masyarakat yang tidak dibenarkan dengan alasan apapun itu.

Mastri menyebut, yang berkaitan dengan pelayanan publik dalam hal ini kantor pemerintahan harus tetap berjalan meski dinas tersebut sedang menggelar kegiatan. Sebab jika itu terjadi, masyarakat akan sangat dirugikan. Maka dari itu ASN harus taat dalam melaksanakan fungsinya sebagai pemerintah yang melayani publik.

“Kalau setiap kegiatan harus semua ASN di Dinas itu mengikuti kegiatan yang digelar, tidak benar itu. Bagaimana kalau ada masyarakat datang ada yang akan diurus, melapor, atau ada yang harus diselesaikan. Berarti layanan satu atau dua hari disitu selama kegiatan itu berjalan, tidak akan bisa dilayani dong,” ungkapnya saat ditemui awak media, Kamis (30/1/19).

Efektivitas pembuatan kegiatan di Kota Kendari, tambah Mastri, yang jauh dari pusat Kota daerah itu juga dinilai kurang efisien. Pasalnya fasilitas yang digunakan untuk menggelar kegiatan itu juga tersedia di daerah itu yang cukup representatif untuk digunakan.

Secara umum, lanjutnya, Dinas DP3A Konsel telah melanggar UU No 20 tentang layanan publik karena mengabaikan tugas pelayanan publik karena terbukti meninggalkan kantor karena mengikuti kegiatan yang sedang digelar di Kota Kendari.

“Kita akan mengingatkan, jangan sampe kegiatan ifen yang dilaksanakan oleh dinas OPD sampai menghentikan pelayanan dikantor tersebut,” tegas Mastri.

Sebelumnya telah dilansir dihalaman situs media Online, Koransultra.Com, pada hari, Rabu (30/1/19). Kantor DP3A Konsel memang terpantau kosong, tanpa adanya aktifitas ASN sebagai abdi negara dalam melakukan pelayanan publik, buruknya jam sudah menunjukan pukul 09:30 sampai pukul 11:30 tak satu pun staf dinas yang dapat ditemui.

Kontributor : Kasran

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here