Pendemo Lapor Kades Banggai ke DPRD Muna

Raha,Koransultra.com – Puluhan massa yang tergabung dalam Grakan Pemuda Rakyat Desa (GPRD) berdemonstrasi di halaman kantor DPRD Muna, Senin (04/2/2019).

Massa aksi melaporkan Rosdiana yang saat ini mengemban tugas sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kades Banggai, Kecamatan Duruka, Kabupaten Muna.

Pasalnya, Kades tersebut disinyalir mengelola Anggaran Dana Desa (ADD) dengan tidak transparan.

Ketua GPRD Abas menuturkan, ada banyak persoalan bahakan diduga mark up dalam pembuatan jalan lingkar yang ADD sebesar Rp128.920.000 pada tahun 2017/2018.

Pendemo Lapor Kades Banggai ke DPRD Muna

Menyebut, pekerjaan proyek tersebut, dinilai keras ada praktik Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN). bahakan menimbulkan persoalan konflik yang melahirkan tindak pidana dari masyarakat yang merasa diskriminatif.

“Sebab Plt Kades tidak mampu dalam mengelola pengorganisasian pengunaan ADD, kami juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk segera periksa penyala gunakan ADD tersebut,” ujar Senin 04 Februari 2019.

Pihaknya, melihat fenomena yang terjadi dalam lingkungan masyarakat akibat ketidak mampuan pemerintah desa dalam mengorganisir serta memanajemen persoalan sehingga menimbulkan dampak negatif bagai masyarakat.

“Maka dari itu segera copot kades dari jabatannya karena tidak mampu mengelola perorganisasian,” beber di hadapan komisi.

Aksi tersebut diterimah oleh para anggota Dewan berbagai komisi yang dipimpin ketua komisi I Awal Jaya Bolombo, mengatakan, kalau soal pemecatan ini bukan rana DPRD tetapi pemerintah.

“Saya segera memangil sesuai jadwal, Plt kepala Desa Banggai, Camat, DPMD dan Ispektorat untuk menyimpulkan, apa lagi sampai melahirkan kasus penikaman yang terjadi dimasyarakat,” ujar politikus dari Demokrat serta memangil Kades Wadolau.

Naftahu anggota DPR mengatakan, dalam penggunaan ADD harus keterbukaan informasi sesuai dengan aturan.

“Kalau persoalan pemecatan kecuali Bupati Muna, tinggal dilihat persoalanya nanti,” tambahnya.

Kontributor: Bensar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here