PT DSSP Power Kendari Didemo, Warga Nilai Perekrutan Sekurity Tak Sesuai Kesepakatan

Andoolo, Koransultra.com – Sejumlah massa yang tergabung dalam Lembaga Pemersatu dan Perlindungan Hak Asasi Manusia (LSM LEPPHAM) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menggelar unjuk rasa didepan Kantor PT DSSP Power Kendari di Desa Tanjung Tiram, Kecamatan Moramo Utara, Senin (4/2). Aksi unjuk rasa tersebut dipicu lantaran PT DSSP Power Kendari menyalahi komitmen dengan merekrut tenaga lokal hanya sebagian dibandingkan tenaga luar.

“Perekrutan Security yang dilakukan oleh PT DSSP Kendari, tidak sesuai dengan kesepakatan,” ungkap Koordinator Lapangan, Herman, dalam orasinya.

Massa juga menagih janji kesepakatan antara pihak PT DSSP Power Kendari, dengan pemerintah desa setempat mengenai kuota penerimaan tenaga kerja di area PLTU Moramo yang dibagi menjadi 60 40 persen. Selain itu, tidak adanya transparansi independen serta PT DSSP yang hanya memihak kepada kepentingan pribadi atau golongan tertentu saja.

PT DSSP Power Kendari Didemo, Warga Nilai Perekrutan Sekurity Tak Sesuai Kesepakatan

“Kami juga menolak hasil seleksi penerimaan security yang dilaksanakan oleh PT. SOS karena di anggap tidak prosedural,” tegas Herman.

Massa hanya meminta kepada PT DSSP Kendari agar rekruitmen karyawan selalu mengutamakan masyarakat setempat.

Sementara, Managemen PT DSSP Power Kendari, Wahyu mengatakan, penerimaan karyawan di PT. DSSP Power Kendari sudah sesuai prosedural dan mengutamakan masyarakat lokal.

“Karyawan yang bekerja disini
90 persen adalah masyarakat lokal,” ungkap Wahyu, saat menerima para pendemo.

PT DSSP Power Kendari Didemo, Warga Nilai Perekrutan Sekurity Tak Sesuai Kesepakatan

“Pihak perusahaan akan menampung semua aspirasi dan akan memberi tanggapan paling lambat satu minggu setelah pelaksanaan unjuk rasa,” tambah Wahyu.

Usai mendengarkan penyataan dari pihak Management, para pengunjuk rasa membubarkan diri dengan aman dan kondusif sekitar Pukul 12.15 Wita.

Kontributor: Ricky Akbar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here