Ilustrasi

Kolaka, Koransultra.com – Menarik paksa motor konsumen ditengah jalan, dua debt collector PT. Fit cabang Kolaka dilaporkan ke Polisi.

Pemilik kendaran motor, Aditya warga Kelurahan 19 November, Kecamatan Wundulako saat ditemui dipelataran Mapolres Kolaka, rabu (6/2/18), menjelaskan kronologis penarikan paksa kendaraan miliknya, bermula saat ia melewati bundaran tugu terminal sabilambo, tiba – tiba dihentikan oleh dua orang yang mengaku debt collector dan langsung mengambil motor miliknya.

“Saya ditahan oleh dua orang berbadan kekar dan berambut gongrong saat melintas dibundaran sabilambo, katanya motor saya menunggak dan mau ditarik, karena takut terpaksa saya kasih dan pulang naik ojek melapor kebapak saya, ” kata Aditya pada koran sultra.

Ditempat yang sama Syamsul yang merupakan orang tua Aditya menjelaskan, bahwa pihak lesing seharusnya tidak menarik paksa kendaraan milik anaknya ditengah jalan, hal tersebut sudah sangat bertentangan dengan prosedur penarikan.

“Apa yang dilakukan oleh dua collector tersebut sngan menarik paksa kendaraan motor ditengah jalan sangat bertentangan dengan peraturan menteri keuangan mengenai pidusia No. 130/PMK.010/2012, dan undang – undang perlindungan konsumen No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen ditambah dengan pekapolri No 8 tahun 2011 tentang eksekusi jaminan pidusia,” jelas Syamsul.

Hal tersebut membuat ia sangat keberatan pada pihak PT. Fit yang menarik paksa kendaraan motor yang sewenang – wenang tanpa ada peringatan tertulis. Untuk itu ia mengadukan dua debt collector tersebut kepihak berwajib dengan sangkaan perbuatan melawan hukum dan perampasan,

“Saya baru saja selesai melaporkan hal tersebut dengan Laporan Pol No :STTPL/17/I/2019/SULTRA/RES KOLAKA, sebelumnya saya sempat menyambangi kantor PT. Fit untuk menanyakan perihal penarikan Paksa motor dan memaksa anak saya menandatangani surat penarikan yang dibawah debt collector, namun tidak ada satu orangpun yang ingin memberikan tanggapan, jadi saya ambil motor saya dan langsung melapor kepolisi,” tutur Syamsul.

Kontributor : Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here