Dokter Hewan Sedang Berada Di lingkup Area Kerjanya Dikecamatan Toari.Toari  Foto  Asri Joni.

Kolaka, Koransultra.com – Kini untuk mengantisipasi dengan adanya penyakit menular jenis Zonosis, Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Kolaka turun lapangan melakukan penyuntikan vitamin dan pemberian obat cacing, pada ratusan ternak sapi di Kecamatan Toari, Rabu (6/02/19).

Dr Hewan,  Kasmawati MM,  Dokter Hewan Dinas Kabupaten Kolaka, kepada wartawan mengatakan bahwa; penyuntikan serta pengambilan sample darah pada ternak sapi,  adalah perintah dari Dinas Pertanian dan Peternakan Propinsi Sultra,  sample ini akan di kirim ke Balai Besar Vetelirer (bebevet) Maros untuk uji laboratorium. 

“Penyuntikan ini Kami lakukan sebagai tugas rutin,  disamping itu memang ada perintah dari Propinsi untuk pengambilan sample darah ternak sapi, mengantisipasi adanya penyakit menular , dan target suntik 2500 ekor di wilayah Kolaka Bagian Selatan, sebab berbatasan dengan Kabupaten Bombana ” katanya. 

Dikatakannya bahwa di Kabupaten Bombana 90 % telah tertular penyakit zonosis pada ternak sapi ,hal ini adalah informasi dari Dinas Peternakan Propinsi, namun daging sapi yang tertular tidak berbahaya untuk di konsumsi oleh manusia. 

Dokter Hewan Sedang Berada Di lingkup Area Kerjanya Dikecamatan Toari.Toari  Foto  Asri Joni.

Hal senada dikatakan La Agus petugas inseminator Peternakan Kecamatan Toari , bahwa bahayanya penyakit Zonosis yang menular pada ternak sapi , bahkan dapat menular pada manusia melalui sentuhan langsung, maka awal tahun 2019 ini sudah 500 ekor sapi yang di suntik khusus Kecamatan Toari. 

“Penyakit Zonosis pada ternak sapi ini dapat mengakibatkan rusaknya kandungan Aseptor (Induk sapi)sehingga tidak lagi berproduksi (reproduktif) dan atau anak sapi yang dilahirkan tak akan bertahan lama akan mengalami kematian, ” ungkapnya. 

Bahwa apabila tertular pada manusia dapat menyebabkan kerusakan pada organ produksi yang mengakibatkan impotensi pada pria atau bayi yang di lahirkan seorang ibu,  akan mengalami cacat, Kata La Agus menambahkan pada koransultra.com.

Kontributor: Asri Joni

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here