Tampak Bachtiar Riffai : Kades Babamolingku: Foto Asri Joni

Rumbia, Koransultra.com — Kini Babamolingku adalah Desa terpencil di Kecamatan Poleang Barat Kabupaten Bombana Sultra, yang berjarak tempuh 15 kilometer dari jalan poros toari boapinang.

Desa ini di Kepalai oleh Bachtiar  Riffai,  dengan penduduk mayoritas adalah petani dan pekebun. 

Ditahun 2018 belum lama ini telah merampungkan beberapa item pekerjaan fisik serta pemberdayaan masyarakat sumber Dana Desa Kementrian PDTT , dengan jumlah  penerimaan sebesar Rp1.165.029.000 (satu milyar seratus enam puluh lima juta, dua puluh sembilan ribu).

Adapun pekerjaan fisik serta pengadaan dan pemberdayaan masyarakat, diantaranya adalah : 

Pekerjaan pembangunan jalan produksi sepanjang 1200 meter,  Didusun laboya, pembangunan deukker plat, pembangunan jalan penghubung antar dusun yang sepanjang 2000 meter, pembangunan 2 (dua) unit lapangan volly ball,  pembangunan 2 (dua ) unit lapangan sepak takrauw, pembangunan 28 (dua puluh delapan) jambanisasi warga,
pembuatan sumur gali 2 (dua) titik. 

Selanjutnya,dibidang pemberdayaan telah menganggarkan pengadaan 670 liter pupuk Bio Bost, pengadaan 2(dua)unit lampu penerangan jalan bertenaga surya, pengadaan satu unit peralatan perbengkelan, serta Pelatihan Tekhnik Design satu orang masyarakat Desa kader KPMD. 

Kepada media ini Kepala Desa mengatakan bahwa ; dari semua Item tersebut pelaksanaanya mengacu pada hasil Musrembang Desa sesuai dengan usulan warganya,  dan tertuang pada salinan APBDESA.  

“Sebagai Pemerintah Desa, saya paham betul dengan keberadaan dan tingkat kesejahtraan warga yang berpenghasilan murni dari hasil tanaman bulanan, maka dari itu kedepan dengan adanya Dana Desa ini,  saya bersama Aparatur terus berusaha merencanakan berbagai Inovasi untuk  dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan pada bidang Pertanian,  perkebunan,  serta peternakan yang berpotensi di Desa Babamolingku ini”  kata Kades. 

Hal senada diungkap Patahangi Ketua BPD,  menurutnya bahwa Pembangunan Infrastruktur penting adanya,  namun yang lebih penting lagi adalah kesejahtraan warga desa. 

“Harapan kami agar dengan adanya Dana Desa Yang mencapai Miliaran Rupiah ini,  akan adanya peningkatan ekonomi kerakyatan melalui Berbagai Inovasi Desa yang Sudah di rencanakan”, katanya kepada Koransultra.com

Kontributor, Asri Joni

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here