Ilustrasi

Lasusua, Koransultra.com – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kini mulai merencanakan pembangunan Bandar Udara (Bandara) ditahun 2020. Pembangunan bandara tersebut diperkirakan bakal menelan anggaran sekitar Rp300 Milyar.

“Kalau dari rencana induk pengembangannya memang diperkirakan sekitar Rp300 Milyar. Tapi secara detail akan dihitung dulu dari item per item berapa kebutuhan biaya pembangunan seperti landasan pacu, terminal dan lain-lain,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kolut, Junus diruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Junus mengungkapkan, untuk tahap rencana pembangunan bandara tahun 2020, belum dapat dipastikan sebab ini menjadi kebijakan dari kementrian Perhubungan. Namun dari hasil negosiasi, pihak kementrian telah memberikan sinyal kepada Pemda Kolut agar segera merealisasikan pembangunan.

“Sebenarnya kita mau pacu pembangunan di tahun 2019, namun masih banyak dokumen yang belum siap. Tapi Insya Allah, kalau memang ini sudah sesuai dengan scedjul serta dokumennya siap tahun ini, mungkin pekerjan fisiknya dimulai tahun 2020,” harap Junus.

Junus menjelaskan, proses perencanaan pembangunan bandara telah sampai pada tahap DED dari sisi darat dan udara. Dua item pekerjaan tersebut untuk pembuatan detail Ingenerin.

“Untuk pembebasan lahan sudah dianggarkan melalui dinas Perumahan dan Pemukiman,” terang Junus.

Pihak Dishub lanjut Junus, telah turun langsung kelapangan untuk menghimbau kepada masyarakat agar segera memberikan tanda bagi setiap lahan yang akan digunakan untuk lokasi bandara.

“Ini kami lakukan agar tidak ada tumpang dindih antara sipemilik lahan,” tutupnya.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here