Ilyas Abibu Mundur dari Sekda Wakatobi, Ada Apa?

Wakatobi, Koransultra.com – Ilyas Abibu SE, MDM yang selama ini dikenal sebagai pejabat muda energik, terakhir menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wakatobi, ternyata memilih pindah ke Pemprov Sultra. Padahal jabatan Sekda Wakatobi belum cukup dua tahun dijabatnya sejak terlantik pada 13 Maret 2017. 

Ada apa di Wakatobi?  Begitu pertanyaan beberapa pihak terkait kepindahan Ilyas Abibu. Apalagi Ilyas dikenal sebagai pejabat visioner, pandai merangkul semua pihak, energik pula. Sementara posisi Sekda, adalah karir puncak ASN di daerah.  

“Tidak ada apa-apa, saya yang minta pindah ke provinsi, dan terhitung sejak 6 Februari 2019,” ujar Ilyas Abibu Minggu pagi ini, 10 Februari 2019.

Memang kepindahan kandidat Doktor Ilmu Managemen UNJ, tidak membuat kekosongan  jabatan Sekda Waktobi, sebab Bupati Wakatobi H. Arhawi, Senin siang (11/2) telah melantik La Jumadin Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) sebagai Penjabat (Pj) Sekda. 

Pindahnya Ilyas karena ia memilih mundur dari jabatan itu, sebagaimana penegasan  Bupati Wakatobi, H Arhawi dalam sambutanya yang menjelaskan, persetujuan perpindahan Ilyas Abibu disetujui oleh Gubernur Sulawesi Tenggara pertanggal 25 Januari 2019 dan baru tanggal 4 Februari surat pengunduran dirinya sebagai Sekda diterima bupati.

“Saya pun juga telah melepas Sekda yang lama sehingga untuk menghindari kekosongan, saya langsung mengusulkan penjabat Sekda menggantikan bapak Muhammad Ilyas sebagai Sekda Wakatobi dan gubernur juga langsung merespon usulan itu setelah dievaluasi oleh BKD sehingga alhamdulillah hari ini, kita melaksanakan pelantikan terhadap penjabat Sekda yang menggantikan Muhammad Ilyas Abibu,” ungkap Bupati Wakatobi H. Arhawi. Senin sore, 11 Februari 2019.

Pelantikan Pj Sekda ini berdasarkan SK Bupati Wakatobi Nomor 245 Tahun 2019, dan menjabat Pj Sekda sampai adanya Sekda definitif. Penjabat Sekda ini akan menjabat selama 3 bulan dan bisa diperpanjang 2 kali sambil mempersiapkan seleksi Sekda definitif.

“Saya berharap ketika seluruh jajaran pemerintah ini mulai bupati, wakil bupati, Sekda dan seluruh OPD bekerja secara maksimal dan diharapkan tugas-tugas pemerintahan yang akan menjadi tanggung jawab kita semua Insya Allah dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya,” Imbuhnya.

Kontributor : Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here