DBD Meluas di Muna, Dinkes gelar Fogging

Raha, Koransultra.com – Musim hujan yang tengah berlangsung saat ini membuat masyarakat khususnya warga Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, harus lebih waspada terhadap serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Sebab, untuk sementara tercatat masyarakat tekanan DBD kurang lebih 15 orang, sehinga Dinas Kesehatan, turun bersama tim untuk pmberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui gerakan 3M yakni menimbun menutup dan menguras juga melakukan fogging.

La Ode Arifin Kase Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular pihaknya telah melakukan fogging untuk mencegah berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti di lima kecamatan menjadi titik indemis setiap tahunnya menjadi sasaran DBD wilayah Kecamatan Tongkuno, Batalaiworu, Katobu, Lasalape dan Pargi.

DBD Meluas di Muna, Dinkes gelar Fogging

“kita lakukan fogging hingga radius 100 meter timur dan barat dari titik lokasi yang sudah terkena DBD. Lokasi fogging bisa saja bertambah, tergantung ada laporan masyarakat dan laporan laboratorium RSUD langsung ditindaki,” ujar Selasa 12 Februari 2019.

Menurutnya, foging dilakukan tentu bersama tim dan mengadvokasi program kesling sama pronkes, turun ke Puskesmas dan aparat desa, harus ada kesadaran masyarakat.

“foging juga bukan suatu jaminan untuk bebas DBD yang paling utama adalah pencegahan melalui bersih bersih tiga M. Kami sudah langkah-langkah dipuskesmas untuk penaburan bubuk abate untuk memusnahkan jetik nyamuk,” cetusnya. Juga ketua DPD PPNI.

Untuk menghindari penyebaran lebih luas, Arifin Kase juga mengimbau masyarakat yang terkena demam untuk segera memeriksa ke Puskesmas terdekat dan rumah sakit, guna memastikan apakah demam yang diderita itu terkena virus dengue atau hanya demam biasa.

Kontributor : Bensar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here