Plt Kepala BKPSDM Muna, Rutam

Raha, Koransultra.com – Pendaftaran rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Pejanjian Kerja atau (PPPK) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, Sulawesi Tenggara, pasalnya dianggap tidak transparasi.

Anehnya lagi tiba-tiba, Sabtu 23 Februari 2019 perekrutan PPPK dilaksanakan di SMU Negeri 1 Raha.

Salah satu tenaga honorer yakni Heru, mengunjungi kantor BKPSDM Muna, kaget atas berbondong-bodonganya pengurusan PPPK.

“Kenapa tidak diinformasikan kalau ada perekrutan PPPK, ini terkesan disembunyikan,” pintahnya, saat melintas, Jumat 22 Februari 2019.

Pendaftaran bagai tenaga honorer yang ada di BKPSDM sebanyak 228 orang sedangkan formasi yang disiapakan hanya 100 orang

Plt Kepala BKPSDM Muna, Rutam, menyikapi, pelaksanaan tes itu sudah diatur oleh sistem.

“ini protal sudah diatur, kita juga bingung dengan juknis muncul pada hari Jumat diprotal BKN, tetapi pendaftarannya malam Senin sudah ditutup berarti waktunya kena satu hari dua malam. Ini juga tidak melibatkan pihak BKPSDM,” ujar Sabtu 23 Februari 2019.

Pihaknya menjelaskan, dengan logika kita bagaimana jadwal keluar lebih dulu dari pada juknis, harusnya juknis bersama jadwal.

“Penyampaian jadwal tanggal 10- 17 ternyata juknisnya keluar tanggal 15 harusnya kalau kita dilibatkan kita diberi dulu juknis, entah juknis itu tertuang dalam permenpan atau tertuang peraruran BKN. Sampai hari ini kami tidak tau baik itu bagaimana mekanisme kelukusan,” pungkas.

Menurutnya BKN sepertinya hanya menerima secara Online baik itu wawancara dan CAT. Kita hanya menunggu penentuan kelulusanya. Baik itu tempat seleksi BKN yang menentukan.

“Jadi BKN sudah menunjuk melalui sistem. Yang lucunya kami sudah bersurat di SMP Negeri 2 Raha ternyata keluar pemberitahuan untuk pelaksanaan tes di Muna di SMU Negeri 1 Raha, pengawas mereka yang munculkan dan proktor mereka juga yang munculkan ini sudah ditujuk bay name sistem,” katanya.

Data tenaga honorer se Kabupaten Muna sebanyak kurang lebih 5000, dari data tersebut BKN telah mengirim data 500 orang terbagi guru, penyuluh dan kesehatan.

“Ini P3K husus yang dibatasi, untuk P3K umum dibuka formasinya kalau bukan bulan April di bulan Mei itu informasi dari BKN,” beber.

Kontributor : Bensar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here