Tokoh Pemekaran Kabupaten Muna Barat, Laode Andi Muna, S.Sos, M.Si.

Laworo, Koransultra.com – Wilayah bagian Muna Raya, Propinsi Sulawesi Tenggara, dinilai berpotensi mekar sebagai propinsi atau Daerah Otonom Baru (DOB) di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal ini sebagaimana dikemukakan tokoh pemekaran Kabupaten Muna Barat (Mubar), Laode Andi Muna, S.Sos, M.Si, kepada Koran Sultra, baru- baru ini. “Sya melihat Muna Raya ini potensi untuk jadi propinsi. Baik itu potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM),” ungkapnya.

Menurutnya, secara kewilayahan Muna Raya untuk mekar sebagai propinsi dinilai sudah mendukung. Namun yang belum mendukung yakni, jumlah Daerah Kabupaten/ Kota sebagai persyaratan administratif. Dimana secara administrasi untuk pemekaran sebuah DOB Propinsi harus ada minimal 4 Kabupaten dan 1 Kota.

Untuk mewujudkan Muna Raya dapat terbentuk sebagai propinsi, maka perlu adanya pemekaran wilayah atau Kabupaten/ Kota, yakni seperti Kota Raha, Muna Timur dan Muna Selatan. “Untuk menciptakan kesempatan, energy baru harus dibuat daerah ini mekar. Dalam rangka pemberdayaan SDM dan pemanfaatan Sumber Daya Alam. Ini arahnya untuk kemajuan daerah,” terangnya.

Kontributor : Ronas

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here