Wakatobi, Koransultra.com – Bupati Wakatobi, H. Arhawi, membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Binongko dan Kecamatan Togo Binongko, tahun 2019, Rabu (06/03).

Melalui Musrenbang tersebut, Bupati Wakatobi H. Arhawi mengungkapkan,  jika Musrenbang sebagai rujukan pemerintah atas kebijakan program satu tahun ke depan sangat penting, dan juga masyarakat dituntut untuk mengawal usulan program.

Usulan program satu tahun ke depan melalui Musrenbang lanjut Arhawi, tidak bisa lagi dirubah ataupun menitipkan program diluar hasil Musrenbang. Itu semua atas perubahan regulasi sehingga butuh ketelitian dan pengawalan masyarakat.

“Hasil Musrenbang ini ketika sudah masuk dalam rencana kerja daerah maka tidak bisa lagi dirubah maupun penitipan dari lembaga mana pun. Pemerintah tinggal memilah mana program prioritas yang bisa dibiayai APBD dan mana program yang bisa dibiayai Desa melalui Anggaran Dana Desa,” ujar Bupati Wakatobi H. Arhawi.

Lebih lanjut Bupati menyatakan, musrenbang merupakan langkah kongkrit merancang arah pembangunan secara transparan, berkualitas dan akuntabel.

“Perencanaan pembangunan, harus selalu berkesinambungan sesuai dengan amanah aturan perundang undangan yang berlaku,” tuturnya.

Selama dua tahun mengelola anggaran serta mengumbar keberhasilan sejumlah program. Baik berupa program fisik dan pemberdayaan yang terimplementasi melalui program disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Keberhasilan sejumlah program yang diumbar Bupati, antara lain seperti pembangunan jalan hotmix dalam ibu kota, peningkatan dermaga Marina dan dermaga lainnya. Begitu pula program pemberdayaan seperti UMKM bersinar, kesehatan gratis dan masih banyak lagi.

Kata Arhawi, meskipun sebagian keberhasilan program itu bersumber dari APBN. Namun semua itu berkat kerja keras pemerintah dan seluruh masyarakat Wakatobi. Untuk meyakinkan pemerintah pusat guna menggelontorkan anggaran puluhan milyar di Wakatobi.

“Diantara sebagian keberhasilan pembangunan selama dua tahun ini bersumber dari pusat. Namun tidak datang dengan sendirinya, melainkan butuh kerja keras pemerintah yang mendapat dukungan penuh masyarakat Wakatobi,” tukasnya.

Bupati H. Arhawi berharap Musrenbang ini dapat menghasilkan usulan, masukan maupun saran serta partisipasi masyarakat untuk mewujudkan proses penyusunan rencana pembangunan yang lebih baik untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Kontributor : Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here