Kabupaten Bantul Jadi Tujuan Komisi III DPRD Konsel Laksanakan KAD

Andoolo, Koransultra.com– Kajian Antar Daerah (KAD) yang dilaksanakan di Kabupaten Bantul Provinsi Jogjakarta, kali ini di pimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Konsel, Hapsir Jaya beserta 10 Anggota Dewan lainya.

Kunjungan ini di terima oleh, Sekertaris dinas (Sekdis) Pariwisata Kabupaten Bantul Dra. Annihaya. Iya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh rombongan anggota dewan asal Konsel atas kunjungannya di Kabupaten Bantul, Kamis (7/3/2.19).

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak dan ibu, yang telah mempercayakan kepada dinas pariwisata Bantul sebagai lokasi untuk sharing pengalaman tentang pengelolaan desa wisata,” ucapnya.

Rombongan anggota DPRD Konsel, yang dipimpin langsung Wakil Ketua I, Hapsir Jaya saat berkunjung di Kabupaten Bantul Jogjakarta dalam kegiatan KAD, Kamis (7/3/2019). Foto: Sekretariat DPRD.

Desa wisata kabupaten Bantul memiliki daya tarik yang bermacam macam, dari yang berbasis kerajinan, alam, dan budaya.

Sementara itu, Wakil ketua DPRD Konsel Hapsir Jaya menyampaikan beberapa alasan anggota dewan Konsel melakukan kajian antar daerah (KAD) di kabupaten Bantul.

“Kami memilih Bantul untuk melakukan kajian karena kabupaten ini sangat banyak desa wisatanya, salah satunya wisata yang paling menonjol adalah penenunan batik tulis,” ungkapnya.

Dalam diskusi tersebut ada beberapa hal yang disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bantul, Antoni Hutagaol, yang pertama kami lakukan adalah membentuk kelompok sadar wisata yang disingkat Pokdarwis. Dimana kelompok ini kami mengumpulkan masyarakat yang benar benar sadar akan pentingnya wisata.

“Pokdarwis wajib untuk memperhatikan Sapta pesona yakni Aman, Tertib, Sejuk, Indah, Ramah tamah, dan Kenangan. Sehingga desa wisata ini dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara,” paparnya.

“Untuk pemasaran kami bekerjasama dengan ASITA dan PHI, dan yang paling sangat berpengaruh adalah sosial media,” tambahnya.

Ada pun tujuan dan yang akan dilakukan Komisi lll DPRD Konsel, untuk mengetahui strategi yang dilakukan kabupaten lain, khususnya di Bantul terkait dengan pengelolaan desa yang berbasis wisata. Yang pada akhirnya akan dijadikan entri poin dari kebijakan kebijakan dari Bupati Konawe Selatan dan badan legislatif.

Perlu diketahui yang hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua Hapsir Jaya, Senawan Silondae, A.Md, Hamrin, S.Kom., M.Ap, Binmas Mangidi, S.Sos, Armal, Samsu, SP., M.Si, Dra. Hj. Waode Asnah, I Gusti Putu Wibawa SE, Marwan, dan Andi Achmad, S.Sos.

Konributor: Kasran

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here