Anggota DPRD Konsel saat berkunjung di Kabupaten Gowa provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), dalam kegiatan KAD, Rabu (6/3/2019). Foto: Sekretariat DPRD

Andoolo, Koransultra.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melakukan Kajian Antar Daerah (KAD).Tepatnya di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), yang mana kunjungan tersebut bertujuan terkait dengan pengelolaan Dana Desa (DD).

Rombongan Dewan Konsel ini, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD. Irham Kalenggo, bersama Wakil Ketua II Nadira, SH , dan ke 9 anggota DPRD serta staf bagian Sekretariat.

Saat tibah di Kabupaten Gowa, rombongan tersebut langsung diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H. Muhlis yang mewakili Bupati, Asisten l Bidang Pemerintahan Muh. Rusdi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Muh Asrul, di Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Rabu (6/3/2016).

Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo saat memberikan sambutanya terkait alasan memilih Kabupaten Gowa sebagai tempat kegiatan KAD bahwa, Gowa merupakan Kabupaten yang berhasil terkenal dalam memanajemen Dana Desa (DD) serta pengelolaan BumDes.

“Tetntunya ini merupakan satu kehormatan kami berada di Kabupaten Gowa, terutama ilmu yang didapatkan disini semoga bisa di terapkan dan dilakukan hal yang sama seperti di Pemerintahan Gowa,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Gowa H. Muhlis mengatakan bahwa seluruh desa di Kabupaten Gowa telah menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SisKeuDes) yang dikembangkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) secara online.

“Aplikasi ini diperuntukkan bagi kebutuhan pengelolaan DD dan telah diterapkan di 121 Desa di Kabupaten Gowa,” katanya.

Lanjutnya, agenda prioritas Bupati Gowa adalah terwujudnya Gowa yang berkualitas, mandiri dan berdaya saing. hal ini dbuktikan dengan mendapatkannya predikat WTP sebanyak 7 kali secara berturut turut dari BPK.

Ditambahkanya, Kadis PemDes Muh. Asrul, untuk mendukung terlaksananya program desa desa dengan baik Pemerintah Kabupaten Gowa juga telah melatih semua perangkat desa agar mahir mengoperasikan aplikasi SisKeuDes.

“Jadi semua perangkat desa di kabupaten gowa telah mendapatkan pelatihan atau Bimtek terkait pengoperasian aplikasi SiskeuDes ini, sejak tahun 2016 semua desa di kabupaten gowa telah menggunakan aplikasi ini dalam melaporkan pengelolaan dana desa,” tambahnya.

Untuk diketahui, Anggota DPRD Konsel yang ikut dalam KAD diantaranya, Wawan Suhendra, Tasbin Tajuddin, SE., MM, Hj. Yuliyati Suparjo, S.Si , Anshari Tawulo, SE, Marlina,S.Ip , Syarifuddin Pariwusi, SE , Hj. Farida Setyawati J. Silondae, S.Si , Nurmantasia dan Hj. Ismiati Iskandar, SH.

Kontributor: Kasran

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here