Andoolo, Koransultra.com – Diduga serobot lahan, warga di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Laeya dan Palangga Selatan, Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) blokade lokasi jalan aktivitas perusahaan PT Wijaya Inti Nusantara (WIN) Senin (11 Maret 2019).

Aktivitas perusahaan sebagai pengguna jalan di wilayah tersebut sempat terhenti hingga beberapa jam. Yang setelahnya kembali beraktivitas usai pembukaan jalan dari pihak perusahaan.

Kuasa Hukum Warga, Samsudin, sangat menyayangkan Pihak Perusahaan yang dengan senjaga mencoba membuat konflik dengan warga.

“Tentu ini adalah bentuk ketidakseriusan perusahaan untuk menyelesaikan sengketa lahan. Padahal sudah jelas dalam undang-undang nomor 4 tahun tahun 2009 tentang pertambangan minerba, bahwa perusahaan tidak bisa melakukan penambangan diatas lahan yang bersengketa,” ujar Ketua HAMI cabang Konsel tersebut.

Tepat pukul 17.30 manager PT. WIN, Irwan bersama kuasa hukumnya mencoba menemui warga dilokasi penutupan jalan namun dalam dialog tersebut tidak ada titik temu bahkan situasi semakin panas.

“Kami tetap akan melakukan penambangan, karena kami sudah melakukan pembebasan lahan. Kami ada MoU kerja sama dengan pemilik lahan. Itu dasar kami. Kalau warga keberatan silahkan ajukan gugatan. Nanti dipengadilan yang mengadili,” katanya Irwan.

Ditempat yang sama, Sekretaris Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (Pemuda LIRA) Sultra mempertanyakan legalitas administrasi yang dimiliki perusahaan, namun pihak perusahaan sama sekali tidak menyimpan arsip.

“Kalau memang perusahaan sudah melakukan pembebasan lahan silahkan tunjukan legalitasnya. Masa perusahaan melakukan MoU dengan pemilik lahan tidak melampirkan legalitas. ini kan rancuh dan tidak berdasar,” kata Jefri.

”Yang pastinya kami sebagai pendamping warga akan melakukan upaya hukum. Juga bakal melakukan demonstrasi bukan hanya mengenai penyerobotan lahan namun juga legalitas dan syarat IUP lainnya,” pungkasnya.

Tak berlangsung lama, pihak perusahaan bergegas pergi. Samsudin selaku kuasa hukum warga mengajak masyarakat untuk tetap bertahan dilokasi.

Penulis : JR_CJ

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here