Dinas Ketahanan Pangan Beri Pelatihan Penggunaan Pangan Alternatif

Wakatobi, Koransultra.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi tenggara yang bekerjasama dengan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK mengadakan Pelatihan Penggunaan Pangan Alternatif, Selasa (12/03).

Kegiatan perdana 2019 Dinas Pimpinan Ir. Tamrin ini, menggelar Pelatihan kepada Ibu ibu perwakilan PKK dari Kecamatan, Kelurahan dan desa Kabupaten Wakatobi mengenai penggunaan pangan alternatif  dengan menggunakan bahan berupa Tepung umbi umbian.

Dinas Ketahanan Pangan Beri Pelatihan Penggunaan Pangan Alternatif

Umbi umbian yang diolah sedemikian rupa ternyata bisa menjadi tepung yang dapat dijadikan bahan pembuatan Kue seperti, Kue lapis, Onde onde, Kue Bolu dan berbagai olahan lainnya.

Selain itu, Umbi-umbian dapat menunjang kebutuhan makanan pokok pengganti Beras. Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Wakatobi, Tamrin menyebut, penggunaan Umbi umbian ini akan terus didorong agar tingkat pemanfaatan pangan lokal dapat dijadikan makanan pokok mengalahkan ketergantungan masyarakat terhadap komsumsi Beras.

“Kami di Dinas Ketahanan Pangan ini ada beberapa kegiatan prioritas yang tujuannya untuk mendoromg masyarakat agar pangan lokal ini harus menjadi pangan untuk kita konsumsi sehari hari,”ucapnya.

“Karena kalau melihat data kita, konsumsi beras masyarakat Wakatobi masih tinggi daripada makanan lokal,”lanjutnya.

Bukan hanya itu, Tamrin berharap agar pangan lokal masyarakat Wakatobi nantinya akan bernilai ekonomis.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua tim penggerak PKK, Safaria Arhawi mengatakan, Kegiatan Pelatihan yang selalu digelar tiap tahunnya ini bisa berdampak langsung kepada masyarakat.

“Saya berharap agar kegiatan ini nantinya mampu memunculkan kreatifitas baru. jika ada Inovasi yang dibuat maka saya harap dapat dibagikan ke ibu ibu lain sehingga pangan kita terus terjaga,”harapnya.

Sejauh Ini, PKK yang dipimpin Istri Arhawi, turut serta dalam menggali dan mengembangkan potensi masyarakat untuk meningkatkan  kesejahteraan setiap keluarga termasuk turut andil dalam pembangunan ketahanan pangan daerah.

Agar diketahui, sepanjang tahun 2018 Ketersedian pangan utama Kabupaten Wakatobi sebesar 2.05 Kilogram perkapita perhari, ketersedian energi 3,371 Kkal perkapita perhari, ketersedian protein 107,64 gram perkapita perhari dan pencapaian Skor Pola Pangan Harapan atau PPH sebesar  82,6.

Kontributor : Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here