Markas Kodim serta Kompi Batalyon Bakal Dibangun di Kolut

Lasusua, Koransultra.com – Markas Komando Distrik Militer (Makodim) dan Markas Kompi batalyon Tentara Nasional Indonesia (TNI) AD 723 rencananya bakal dibangun di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu diketahui setelah kunjungan Kodim 1412 Kolaka di Kabupaten Kolut, bersama rombongan yang terdiri dari Kolonel Inf, Djambar Barmo ( Kepala kelompok Ahli Staf Pangdam XVl Hasanuddin, Letkol Kav. Mardi Ambar ( Waasrendam XVl Hasanuddin, Letkol Inf, Muhammad Nurdin Rauf (Pabandya jemen kodam XVI Hasanuddin), serta Letkol Inf, Emir Zulkarnain Mokodompit (Kepala Seksi Perencanaan Rem 143 Haluoleo), di Rujab Bupati, Selasa,(19/3/2019).

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar mengatakan untuk pembangunan Kodim dan Kompi Batalyon TNI AD 723, Pemerintah Kolut sendiri telah menyiapkan lahan sebanyak 8,5 hektar yang tersebar di dua lokasi berbeda.

“Lokasi pembangunan Kompi berada di desa lawaki Jaya, kecamatan Tolala, dengan luas lahan sekitar 6,5 hektar. Sementara lokasi pembangunan Makodim berada didepan Pesantren desa Puncak Monapa, Kecamatan Lasusua, dengan luas sekitar 2 hektar,” beber Bupati.

“Tahun ini juga kami akan bebaskan untuk persiapan kantor. Kalau untuk pembangunannya itu dari pihak TNI, kami hanya siapkan lahan saja agar cepat terealisasi,” ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, penyiapan lahan ini menyusul dari rencana TNI untuk menaikan status Komandan Korem 143 Halu Oleo (Danrem 143/HO) yang sebelumnya dipimpin Perwira Menengah (Pamen) berpangkat Kolonel dan akan dipimpin Perwira Tinggi (Pati) dengan pangkat Brigadir Jendral.

Ditempat yang sama, Dandim 1412 Kolaka, Letkol Kav, Amran Wahid mengatakan pembangunan Makodim dan Kompi Batalyon di Kolut memang perlu dilakukan. Selain pemerataan pembangunan juga sekaligus memperkuat pergamanan dan pertahanan di Wilayah Kolut.

“Kolut kan belum ada Markas Kodim, masih mengikut Kodim Kolaka. Jadi nanti disetiap Kecamatan ada satu kantor Koramil,” imbuhnya.

“Contoh di Kolaka Timur, disana ada 12 Kecamatan, yang ditinjau ada 6 Kecamatan, sehingga satu Koramil bisa mengkafer 2 Kecamatan,” lanjut dia.

Pihak Kodim sendiri rencananya bakal menyamakan kondisi pembangunan Kodim tersebut seperti di Kabupaten Kolaka.

“Saya telah bicarakan hal ini dengan pak bupati,” katanya.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here