Lomba Cipta Menu B2SA Dinas Ketahanan Pangan, Togo Binongko Raih juara Satu

Wakatobi, Koransultra.com – Salah satu faktor yang mempengaruhi terwujudnya SDM yang berkualitas adalah Konsumsi Pangan. Konsumsi pangan yang berkualitas ditunjukkan dengan  keragaman jenis dan keseimbangan gizi dalam pola konsumsi sehari hari.

Atas Dasar itu, Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK mengadakan kegiatan lomba cipta menu Beragam, Bergizi seimbang, dan Aman (B2SA) di Aula Dasita Resort, Rabu (20/03).

Dalam kegiatan tersebut, Kecamatan Togo binongko mendapatkan juara satu atas hasil karyanya menciptakan berbagai menu dari komposisi pangan lokal. Disusul juara dua dari Wangi wangi selatan, juara tiga tomia timur, kemudian harapan satu dari kecamatan binongko, harapan dua kecamatan kaledupa selatan, serta harapan tiga dari Kecamatan Tomia.

Lomba Cipta Menu B2SA Dinas Ketahanan Pangan, Togo Binongko Raih juara Satu

Togo Binongko mendapatkan peringkat satu setelah dilakukan penilaian oleh tim juri. penilaian tersebut dilihat dari beberapa indikator seperti cita rasa, penampilan, pengembangan resep, dan ide ide baru.

Kepala Dinas Ketahanan pangan kabupaten Wakatobi, Tamrin mengatakan salah satu tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam menciptakan menu B2SA yang bersumber dari pangan lokal.

“kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan B2SA. dan Meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA,”jelasnya.

Dalam kegiatan cipta menu ini turut hadir Ketua PKK Safaria Arhawi, Wakil Bupati Ilmiati Daud, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pimpinan Bank Sultra serta pimpinan bank BRI cabang Wakatobi.

Dalam kesempatan itu, Ketua tim penggerak PKK, Safaria Arhawi berharap Melalui Lomba ini, masyarakat khususnya peserta dapat menciptakan dan mengembangkan resep B2SA yang dapat diaplikasikan sebagai menu keluarga sehari hari.

“Sebagai daerah tujuan wisata kita perlu menciptakan berbagai inovasi kuliner dari pangan lokal sehingga dapat menarik wisatawan berkunjung ke Wakatobi,”tukasnya.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here