Kadis PMD Kolut, Taufik Burhan

Lasusua, Koransultra.com Ada 21 Desa di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (sultra), masuk dalam daftar persiapan untuk pemekaran.

“Itu usulan dari warga yang kami terima dari tahun 2017/2018,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kolut, Taufik Burhan, Senin (26/3/2019).

Dikatakan Taufik, jika 21 Desa telah dilakukan inventarisir menjadi Desa persiapan. Namun usulan tersebut tidak serta merta dapat diproses mengingat sebagian belum memenuhi syarat menjadi Desa.

“Ada beberapa Desa itu yang tidak masuk dalam kategori,” ungkap Taufik.

Taufik menyebutkan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi Desa persiapan, yakni Desa induk yang akan mekar berusia 5 tahun serta memiliki jumlah penduduk mencapai 2000 jiwa. Sedangkan untuk wilayah Sulawesi, jumlah KK minimal 400 jiwa. Kemudian akses terhadap peta Desa sudah memenuhi syarat untuk menjadi Desa persiapan.

“Kita mengacu pada UU nomor 6 PP 23, kemudian diatur lagi dalam Surat peraturan dalam Negeri terkait pembentukan Desa,” jelas Taufik.

Adapun proses yang akan dilakukan lanjut Taufik, yakni melakukan verifikasi terhadap usul secara administrasi serta melakukan Observasi dan investigasi.

“Nanti selesai Pilkades baru kita rencanakan untuk observasib tahun ini,” katanya.

Menurut Taufik, usulan untuk pembentukan Desa sudah dapat melalui inisiatif dari empat stacholder. Dimana sebelumya, usulan hanya bisa dilakukan oleh inisiatif Desa.

“Sekarang bisa inisiatif dari pemerintah pusat, Provinsi, Daerah serta Desa,” bebernya.

Sementara itu kata Taufik, kebijakan Pemda paling penting dalam usulan Desa persiapan. Sebab kebijakan dan pertimbangan Pemda menjadi penentu apakah Desa tersebut dapat dibentuk atau tidak.

“Pertimbangannya begini. Kalau desa dibentuk, apakah beban biaya semakin besar? Kalau semakin besar, ngapain dibentuk,” pungkasnya.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here