Sosialisasi Kerukunan umat beragama

Baubau, Koransultra.com – Wakil Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengingatkan warga untuk tidak melupakan kearifan lokal.

Hal itu dikemukakan La Ode Ahmad Monianse, saat menghadiri sosialisasi Peningkatan Toleransi umat beragama yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Baubau di salah satu Hotel di Kota Baubau, Kamis (28/03/2019).

Sosialisasi yang mengangkat tema “Mari sukseskan penyelenggaraan Pemilu April 2019, ciptakan kerukunan, saling toleransi dan saling menghormati (damai dalam perbedaan) demi persatuan dan Kesatuan bangsa” Itu dibuka langsung oleh Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Kapten inf Harlin Ulo Pasiter Kodim 1413 Buton sebagai Perwakilan TNI, Kepala Satuan Binmas Polres Baubau AKP Safaruddin SIP sebagai Perwakilan POLRI, Perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Drs. H. Rusdin.

Dalam sambutannya Monianse mengingatkan peserta tentang pentingnya kegiatan tersebut.

“Pembangunan bidang agama merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pembangunan nasional,” katanya.

“Pemerintah telah menetapkan sejumlah kebijakan,diantaranya menerbitkan peraturan bersama menteri agama dan menteri dalam negeri nomor 9 dan nomor 8 tahun 2006 tentang pelaksanaan tugas kepala daerah/wakil kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama dan pendirian rumah adat,” lanjutnya.

Ia berharap agar kerukunan umat beragama di Kota Baubau tetap menjaga kearifan lokal.

“Kebijakan ini diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya memelihara kerukunan umat beragama menuju kerukunan yang lebih dunamis, kreatif, inovatif, dan tentunya tetap menjaga kearifan lokal Kota Baubau,” harap dia.

Hal senada juga dikatakan AKP Sarifuddin kepada peserta agar bijak dalam memilih informasi.

“Harapan saya agar semua yang hadir untuk tidak mudah percaya dengan HOAX, bijaklah dalam memilih informasi,” katanya.

Sementara itu Kapten inf Harlin Ulo, Menegaskan netralitas TNI/POLRI yang solid dalam pemilu april 2019 ini.

“TNI/POLRI Benar-bebar Solid mengawal pemilu 2019 april mendatang, olehnya itu janganlah kedua lembaga ini ditarik kearah politik dalam bentuk apapun,” tegasnya dalam menyampaikan materi.

Kontributor : Ridwan Amsyah

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here