Fenomena Halo Matahari di Langit Kolut

Lasusua, Koransultra.com – Masyarakat Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), baru-baru ini dihebohkan dengan fenomena matahari yang memiliki cincin pelangi di langit Kolut.

Fenomena alam yang biasa disebut halo matahari ini terjadi sekitar pukul 12.00 siang, Sabtu (30/3/2019). Fenomena ini menjadi perhatian berbagai kalangan. Tak sedikit warga mengabadikan fenomena langkah tersebut di Handpone mereka.

Nadila, salah satu warga Lasusua mengaku heran dan takjub dengan fenomena tersebut. Menurut Nadila, selain memiliki bentuk yang cantik, fenomena ini baru pertama kali melihat langsung di langit kolut.

“Bentuknya sangat cantik. Saya hanya senang dan heran saja karena baru pertama kali lihat beginian, apalagi ada seperti pelangi” ungkap Nadila.

Dikutip dari sumber Wikipedia, Fenomena halo matahari tersebut terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari atau bulan oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer yang disebut troposfer, sekitar 5-10 km dari permukaan bumi.

Fenomena Halo Matahari di Langit Kolut

Halo matahari adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya Matahari atau Bulan. Fenomena Halo Matahari adalah lingkaran seperti pelangi yang mengelilingi matahari. Halo matahari adalah fenomena yang lebih sering terjadi di langit.

Adapun proses terjadinya Halo Matahari adalah saat awan cirus hanya merefleksikan dan merefraksikan cahaya matahari, biasanya halo yang terbentuk hanya cincin yang tak berwarna. Namun jika pada sudut yang tepat, bisa terjadi juga dispersi sehingga cincin yang terjadi juga berwarna seperti halnya pelangi.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here