Panwascam Bersihkan APK Capres dan Caleg di Baubau

Baubau, Koransultra.com – Puluhan Alat Peraga Kampanye (APK) berhasil titertibkan, mulai dari baleho Calon Presiden (Capres) 01, bukan itu saja bahkan tidak sedikit APK berbagai Calon legislatif yang terpampang disepanjang jalan Anoa Kecamatan Kokalukuna berhasil disapu bersih Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP).

Ditemui saat melakukan penertiban APK pada Jum’at 29/03/2019 pukul 14:20 Wita, Ketua Panwaslu Kecamatan Kokalukuna Erwin Julianto, menyampaikan “Ini Penerbitan kami lakukan terkait APK yang yang sudah kita surati pada partainya masing-masing”.

Terkait APK Capres – Cawapres, “Kita mau surati hanya saja susahnya kami tidak tau dimana sekretnya di Kota Baubau, sesuai instruksi dan arahan dimanaa APK yang dipasang dipohon atau tiang listrik itu sudah melawan aturan, itu walau tanpa disurati langsung kami cabut,” imbuhnya.

Panwascam Bersihkan APK Capres dan Caleg di Baubau

Sementara itu kurun waktu dua bulan lebih Kecamatan lain lingkup Kota Baubau telah melakukan beberapa kali penertiban APK, sedangkan untuk Kecamatan Kokalukuna baru sekali penertiban, sejak pertama kali dilakukan penertiban APK pada 17 januari 2019.

lain untuk APK Caleg, “Ada sebagian kami belum cabut karena kami belum bersurat di partainya, yang sudah tercabut itu kita sudah bersurat dipartainya dan ditandai dengan stiker yang sudah dipasang oleh Bawaslu, stiker itu tandanya kalau sudah ada stiker maka sudah layak untuk dicabut,” ungkap Erwin.

Sementara itu, Pemaparan Bawaslu melaui Panwaslu Kecamatan Kokalukuna, APK lain yang belum dicabut dalam waktu dekat bersurat setiap Partai partai guna penertiban APK para kandidat. Pimpinan Bawaslu pun tak segan mengkonfirmasi dan berkoordinasi dengan Satpol-PP guna menjaga kenyamanan dan kemanan jalannya Pemilu 2019 nanti.

“Untuk APK lain yang belum ditertipkan hari ini tetap kita akan cabut, kami Panwaslu sudah membuat surat untuk diberikan ke masing-masing partai yang punya atribut APK, jika 1 X 24 jam tidak ditindaklanjuti maka kami dan Satpol-PP yang akan mencabutnya,” tegasnya.

PKPU No 23 Pasal 31 tentang bahan kampanye, yaitu bahwa bahan kampanye atau stiker dilarang dipasang di taman, pepohonan, tiang-tiang listrik serta melintang jalan.

“Kami selaku Panwas berpesan, saya harap para caleg agar taulah aturan regulasinya, silahkan baca regulasi cara pemasangan APK, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dan Surat Edaran KPU”, Pungkas Erwin.

Kontributor : Muhlis

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here