Gelar Coffee Morning, KPU Konsel Fokus Bahas Suket saat Hari Pencoblosan

Andoolo, Koransultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) menggelar Coffee Morning terkait kesiapan dan tahapan dalam rangka menghadapi penyelenggaraan Pemilu 17 April 2019 mendatang, Senin (1/4/2019).

Coffee Morning tersebut ini dilakukan secara Nasional diseluru wilayah indonesia, dalam rangka untuk meminta tanggapan dan masukan kepada semua stakeholder terkait hari H pelaksanaan Pemilu.

Dalam diskusi tersebut, yang menjadi fokus utama adalah mengenai pemilih yang menggunakan Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang menjadi pembahasan hangat.

Hal itu di ungkapkan dari perwakilan KIPP, Hajarudin agar pelaksanaan putusan MK terkait dengan dibolehkannya pemilih menggunakan Suket untuk benar-benar di kawal dengan baik keasliannya.

“Jadi saya tekankan agar penerbitan Suket benar-benar dipastikan keasliannya. Karena kita berkaca dari pengalaman Pilkada lalu di salah satu kabupaten/kota di Sultra penerbitan Suket ini mewariskan masalah,” ungkap Hajarudin.

Menanggapi hal itu Ketua KPU Konsel, Aliudin menjelaskan bahwa, Surat Edaran (SE) KPU RI nomor 577 terkait dengan tindak lanjut putusan MK RI Nomor 20/PUU-XVII/2019 khusus terkait dibolehkannya Pemilih menggunakan Suket, hal ini akan menjadi pengawasan kita semua. Lembaga KPU Konsel akan segera melakukan koordinasi ke Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

“Suket ini diperuntukan pada pemilih khusus nanti. Kami KPU Konsel akan segera melakukan koordinasi ke Disdukcapil untuk mendapatkan By Name By Address (BNBA) bagi pemilih yang akan menggunakan Suket pada hari H nanti,” kata Aliudin.

Sementara itu Koordinaor Divisi Data KPU Konsel, Sakirman menambahkan bahwa terkait dengan pemilih Suket kami selaku KPU Kabupaten Konsel menghimbau Disdukcapil setempat agar dalam mengeluarkan Suket sudah betul-betul dapat dipastikan yang bersangkutan berasal dari warga Konsel dan sesuai wilayah pemilihanya, untuk itu by name by addressnya dapat diserahkan ke kami sesegerah mungkin.

“Kami akan berkoordinasi ke Disdukcapil agar by name by address pemilih Suket dapat diserahkan ke KPU. Untuk kemudian kami melakukan pengecekan data diri yang bersangkutan. Jangan sampai terdaftar dalam DPT di daerah lain,” jelasnya Sakirman.

Stakeholder yang diundang dalam kegiatan tersebut masing-masing Pemerintah Daerah, Bawaslu, Disdukcapil, Kodim, Polres, Kejaksaan, Parpol, pemantau Pemilu seperti KIPP dan JADi Sultra, PPK dan Insan pers.

Kontributor: Kasran

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here