Raha, Koransultra.com – Sudah sering hewan ternak berkaitan empat berkeliaran dijalur lalu lintas dalam kota Raha, Kabupaten Muna, bahakan menggangu aktifitas lalu lintas, namun kali ini hewan ternak Kambing, obrak abrik tanaman bunga warga di Jalan Madesabara lorong RSP Kelurahan Laiworu Kecamatan Batalaiworu Laiworu.

Datangnya keluhan dari ibu Rasmi selaku korban mengatakan, mestinya hewan ternak dibuatkan kandang agar tidak menggangu tanaman warga. Apa lagi bunga tanaman saya dimakan dengan kambing bahkan memecahkan vas bunga, pada Senin 08 April 2019 pukul 12.00 Wita.

“Sering sekali memakan tanaman bungan saya kali ini samapi memecahkan vas bunga, sehinga Kambing tersebut saya amankan,” ujar Selasa 09 April 2019 menemui media Koran Sultra.

Ia menyampaikan, kepada pemilik hewan ternak agar dibuatkan kandang, supaya tidak keluyuran, sebab korbankan sudah banyak.

“Saya sudah ketemu dengan pemilik hewan ternak, katanya mengatur rugi,” katanya.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Muna, ditanya hal tersebut, pihaknya menjelsaskan, peraturan Bupati (perbup) belum tuntas masi dirancang ada hal-hal yang sifatnya prinsip yang masi memerlukan penyesuaian.

“Fasilitas kami belum menyediakan tempat penampungan husus untuk hewan ternak ketika yang bermasalah,” ujar LM Yakub diwaktu sama.

Padahal peraturan daerah (perda) nomor 2 tahun 2018 tentang penertiban pemeliharaan hewan ternak yang dikeluarkan oleh DPRD Kabupaten sudah satu tahun, didalamnya punya ketentuan dan sangsi bagi pemilik hewan ternak.

“Perda ini harus dilaksanakan tetapi kita memperhatikan kondisi masyarakat. Kita juga sudah sosialisasikan hanya beberapa Kecamatan dan kalau terkait masalahnya tentu melibatkan pihak Sat Pol PP,” simpelnya.

Kontributor : Bensar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here