Walikota Baubau Peroleh Medali Juang 9 Windu Kemerdekaan RI

Baubau, Koransultra.com – Di Hari Ulang tahun Sulawesi Tenggara (HUT SULTRA) yang ke-55 di tahun 2019 menjadi momen berharga bagi 10 kepala daerah se-Sultra, salah satunya Walikota Baubau Dr. H.AS. Tamrin, MH diberi penghargaan ‘Medali Juang 9 Windu Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Gubernur Sultra Bapak Ali Mazi di pelataran Kantor Gubernur sultra pekan lalu, (Saptu, 27/04/2019).

Pemberian penghargaan dari Dewan Harian Nasional 45 ini sebagai bentuk pelestarian nilai perjuangan bangsa

“Penghargaan tersebut atas peranserta dan pengabdiannya dalam upaya melestarikan dan membudayakan jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 45 sebagai nilai-nilai kejuangan bangsa Indonesia”, Kata Gubernur yang dirilis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, Drs. Sadarman, M.Si

Piagam dan penghargaan ini, ditandantangani Ketua Dewan Kehormatan Nasional 45 Jenderal TNI Purnawirawan M Try Sutrisno dan Ketua Umum Dewan Harian Nasional 45 Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Dr H Ramli Hasan Basri.

Gubernur Sultra dalam pidatonya menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para kelompok pejuang pendiri Provinsi Sultra.

“Penghargaan dan terimakasih kepada para mantan gubernur, mantan pj gubernur, mantan wakil gubernur, serta para tokoh Sulawesi Tenggara, semoga apa yang telah di upayakan menjadi amal ibadah yang di ridhoi oleh Allah SWT”, Ucapnya.

Dalam Peringatan HUT Sultra tahun 2019 ini pun diwarnai penggunaan busana khas lokal budaya Sultra, Ali Mazi terlihat tampil dengan busana khas Kesultanan Buton saat menjadi inspektur upacara, sedangkan AS. Tamrin hadir dengan busana khas Buton dan sedikit berbeda karena kopiahnya menggunakan ‘Songkok To Bone’ sebagai lambang paduan ikatan kultur antara Kesultanan Buton dan Kerajaan Bone di masa silam.

Tak lupa, Ali Mazi pun mengutip falsafah masyarakat yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat lokal Sulawesi Tenggara antara lain Bolimo Karo Sumanamo lipu, Tapopiara piara tapoangka angkataka, Inae tanusara yipinae, inae liasara inae petaposara.

Lanjut Gubernur, Secara pribadi dan atas nama pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara Ali Mazi menyampaikan kecintaan, eksistensi, kebanggaan dan kecintaan kita kepada daerahnya dengan priinsip kekuatan budaya lokal untuk menata kehidupan masing-masing selaku individu dan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kontributor : Muhlis

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here