Asri Joni

Kolaka,Koransultra.com – Akibat Hujan yang sangat deras menguyur wilayah Kabupaten Kolaka akhirnya Tiga kelurahan terendam banjir setinggi satu meter orang dewasa,pada Selasa, 30/04/2019.

Yang paling parahnya lagi sungai mangolo dan Ulunggolaka meluap diakibatkan hujan deras selama tujuh jam yang mengguyur daerah Kabupaten Kolaka sehingganya warga sekitar panik dan tak dapat menyelamatkan barang barang semacam harta bendanya. 

Daerah yang paling parah terendam banjir yakni, kelurahan Sakuli, Kelurahan Ulunggolaka serta Kelurahan Mangolo, tetapi yang paling terparah adalah dilingkungan Lalodipu Kelurahan Mangolo, dikarenakan ketinggian debet air luapan sungai mencpai dua meter setengah. 

Dan pihak yang terkait dalam penanggulanagan banjir ini ini semacam Tim Sar beserta TNI dan Polri langsung bergegas kelokasi kejadian untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang masih berada di kediaman masing – masing untuk mengamankan di tempat yang daratan tinggi. 

Salah satu warga kelurahan Mangolo, Ros ,Ibu rumah tangga mengatakan, sekira pukul 11.00 wita sampai pukul 05,00 wita, bahwa hujan deras tak pernah berhenti ,sehingganya sungai Mangolo meluap dan air masuk kerumah rumah warga. Ucap Ros melalui televon selulernya. 

” Banjir yang melanda di daerah Mangolo kali ini adalah banjir yang paling terparah selama saya bermukim di mangolo ini, karena hampir rumah rumah warga terendam atapnya lantaran parahnya banjir kali ini. Tambahnya. 

Sementara itu pihak yang terkait akibat bencana banjir ini masih melakukan pendataan guna untuk mengetahui rumah rumah warga terendam banjir. 

Asri Joni

Dan untuk diketahui juga bahwa ratusan rumah rumah warga dan rumah ibadah serta Bangunan Sekolah ikut terendam akibat banjir ini di Mangolo dan Ulunggolaka.

Sampai berita ini diturunkan belum ada lapiran korban jiwa, namun kerugian warga akibat banir yang melanda di Mangolo dan Ulunggolaka mencapai ratusan juta rupiah. 

Kontriburor : Asri Joni

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here