Meriahnya Pembukaan Festival Pulau Tukang Besi 2019 di Wakatobi

Wakatobi, Koransultra.com – Pembukaan Festival Pulau Tukang Besi di Binongko tahun 2019 berlangsung meriah. Ada 45 karnaval budaya yang turut andil dalam acara yang hanya dilaksanakan setahun sekali ini.

Antusias masyarakat sangat baik yang terlibat secara langsung maupun yang datang hanya sekadar menonton. Beragam atraksi seni budaya ditampilkan dalam kegiatan ini.

Diantaranya, karnaval budaya Kelurahan Wali dengan jumlah peserta sebanyak 99 seusai Asmaul Husna.

Sementara itu Karnaval budaya Kelurahan Palahidu menampilkan Tari Balumpa hingga Tari Tolu Jiku dari Desa Kampo-Kampo.

Serta penampilan atraksi budaya lainnya dari sejumlah Desa dan Kelurahan di Kecamatan Binongko dan Kecamatan Togo Binongko. Yang tidak kalah menarik adalah tarian kolosal yang di peragakan oleh remaja putri pulau Binongko.

Meriahnya Pembukaan Festival Pulau Tukang Besi 2019 di Wakatobi

Bupati Wakatobi, H. Arhawi,SE mengatakan, atas nama pemda saya menyampaikan penghargaan kepada kecamatan Binongko dan Togo Binongko serta masyarakat atas konsistensi dan upaya serius  untuk menyelenggarakan kegiatan event Festival Pulau Tukang Besi.

“Festival ini sebagai agenda tahunan merupakan cermin dari besarnya komitmen terutama dalam apresiasi budaya. Adalah konteks pembangunan secara berkesinambungan eksistensi kebudayaan daerah merupakan hal yang sangat krusial untuk terus dilestarikan dan dikembangkan,” ujar Arhawi.

Lanjut kata Arhawi, kebudayaan yang kita miliki adalah identitas atau jati diri kita yang memberikan tuntutan dan panduan nilai bagi kita dalam kehidupan sehari-hari serta menghadapi tantangan masa depan agar kita tidak menjadi daerah yang kehilangan karakter.

“Karena itu kita memandang bahwa penyelengggaraan event seperti ini menjadi simpul penting bagi upaya kita bersama untuk terus menggali,menyemai,melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah sebagai salah satu aset penting yang kita miliki untuk membangun daerah,” katanya.

Mengenai eksistensi pulau Binongko sendiri kita tahu memiliki khasanah budaya yang begitu beragam dan potensi pariwisata yang kaya. Dalam sejarah panjang kabupaten kita sebagai daerah maritim kita menyadari sepenuhnya bahwa pulau Binongko bagian terpenting yang telah berkontribusi membesarkan nama Wakatobi.

“Pulau ini melahirkan banyak pelaut dan saudagar ulung yang tangguh dan disegani diseantero Nusantara.Juga pulau diberkati menjadi tempat dimana dilahirkan para ulama besar yang keaehor dan berjasa mengembangkan syiar Islam keberbagai penjuru nusantara,” ujarnya.

Untuk itu kata Arhawi, kita meyakini bahwa dengan latar belakang itu, dipulau ini pasti menyimpan banyak keajaiban , meninggalkan berbagai warisan budaya yang luhur serta banyak nilai-nilai hidup yang dapat terus kita gali dan pertahankan sebagai modal sosial membangun daerah.

“Penyelenggaraan event ini juga memiliki korelasi yang erat dengan kebijakan strategis daerah kita yang menempatkan sektor pariwisata sebagai salah satu dari leading sektor pembangunan daerah.Apalagi kita menyadari bersama bahwa Kabupaten Wakatobi telah ditetapka sejak tahun 2016 menjadi 10 destinasi wisata unggulan (top ten destination,-red) oleh pemerintah pusat,” katanya.

Berbagai latarbelakang tersebut diatas menjadi menjadi tantangan bagi kita untuk tidak berpangku tangan tetapi terus berbenah untuk meningkatkan daya saing pariwisata daerah agar Kabupaten Wakatobi menjadi destinasi yang paling diminati wisatawan untuk dikunjungi.

“Oleh karenanya, kita mengharapkan penyelenggaraan event ini dapat berkelanjutan dan semakin disempurnakan kemasannya agar dapat membawa nilai tambah sebagai daya tarik pariwisata bagi daerah kita khususnya di Pulau Binongko,” tuturnya.

Kebijakan pengembangan pariwisata kita tegas menempatkan secara utuh posisi ke empat pulau dalam wilayah Kabupaten sebagai bagaian dari satu kesatuan destinasi yang utuh dengan memperhatikan karakteristik potensi yang dimiliki karena itu pemda memiliki komitmen yang tinggi merealisasikannya secara cepat dan bertahap.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here